Benarkah Pakai Jaringan 5G Boros Kuota Internet?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 February 2021 14:51
Infografis/ Bersiap koneksi Internet makin cepat! Ini 3 Operator Telko Pemenang Frekuensi 5G DI RI/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan 5G memiliki keunggulan kualitas hingga latensi yang jauh lebih cepat. Tapi nyatanya itu tak membuat boros paket internet atau pulsa yang dimiliki konsumen.

Deputy CEO Mobility Smartfren Sukaca Purwokardjono menyebutkan jika masalah tersebut tergantung dari konsumennya. Dia mencontohkan yang membuat cepat habis kuota adalah saat mengunduh atau free download.

"Misalnya download document yang beda adalah pada saat bukan teknologi 5G butuh beberapa menu dengan 5G nanti cukup berapa detik. Sehingga kok kuota cepat habis? oh iya sama-sama volume yang didownload itu sama, cuman lebih cepat," kata Sukaca, diskusi virtual, Kamis (4/2/2021).


Dia menuturkan hal ini sudah terjadi sejak jaringan-jaringan sebelumnya. Karena menurutnya setiap ada teknologi baru konsumsi data internet konsumen terus bertambah.

Peningkatan konsumsi itu akibat kecepatan mengunduh juga semakin meningkat serta aktivitas download semakin beragam. Namun menurut Sukaca, ukuran yang diunduh akan tetap sama.

"Dulu era 3G sebulan (menggunakan) 3-4 giga, era 4G 6-10 giga, karena lebih cepat download. Aktivitas download bisa macem-macem. Dulu nunggu lama, dengan teknologi semakin maju bisa lebih cepat. Tapi size-nya didownload sama," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto. Menurutnya penggunaan internet itu kembali lagi ke perilaku para penggunanya sendiri.

Dia menuturkan dengan koneksi jaringan yang semakin cepat, konsumen semakin ingin mengunduh semua hal. Itu membuat pengguna merasa kuotanya menjadi cepat habis.

"Karena koneksi jadi cepat jadi ngegas semua didonwnload. Semua enggak kerasa, tapi yang dirasakan operator kok jadi cepat habis. Padahal dari konsumen sendiri," ujar Aryo.

Sementara itu, Sukaca menjelaskan jika untuk menonton video saat menggunakan 5G akan berbeda dari sisi kualitas dan kestabilan gambar. Menurutnya kualitas video jauh levih baik, dan gambar tidak mengalami buffering saat menonton.

"Sama kayak nonton Youtube pakai 3G kan enggak bisa setting sampai full HD yang 1080, enggak ada pilihan. Karena udah dibaca handphone cuman 3G, maksimum di bawah 720 malah," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading