Bos Telkom: Insya Allah Tahun Ini Masuk 5G

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 January 2021 14:21
Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Ririek Adriansyah, mengungkapkan pihaknya berencana mengembangkan jaringan 5G di Indonesia tahun ini.

"Insya Allah tahun ini masuk ke 5G," ujarnya dalam diskusi di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Ririek menambahkan, Covid-19 telah mendorong semua pihak bertransformasi ke digital. Bahkan laporan McKinsey mengungkapkan Covid-19 telah membantu mempercepat transformasi digital 7 tahun.


"Kalau lebih luas lagi banyak kebiasaan selama Covid-19 akan tetap dilakukan, yang pang terasa video conference akan mengurangi pertemuan fisik tetapi dengan video conference terutama di Jakarta kita akan saving (menanbung)," jelasnya.

Untuk bisa bertahan ke depannya, lanjut Ririek semua sektor harus mengarah ke digital. Telkom sudah dan sedang membangun platform. Dimulai dari konektivitas dengan masuk ke 5G tahun ini kemudian berbagai platform digital dari big data, internet of things (iOT) dan lain sebagainya.

"Kami tentu tidak bisa bekerja sendirian dan sangat terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak di BUMN lain dan sektor swasta bersama mewujudkan digitalisasi Indonesia," terangnya.

"Adanya digitalisasi negara bukan hanya karena Covid tetapi agar kita mampu mendekati negara yang lebih maju, harus segera dilakukan."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading