5G Rilis di Indonesia, Harga Paket Data Internet Mahal?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 February 2021 14:22
[TOPIK] 5G (1100x429)

Jakarta, CNBC Indonesia - Implementasi 5G nampaknya semakin dekat untuk hadir di Indonesia. Lalu bagaimana dengan harga paket internetnya nanti?

"Wah ini pertanyaannya menggelitik nih," kata Deputy CEO Mobility Smartfren Sukaca Purwokardjono, dalam acara Oppo 5G Academy, Kamis (4/2/2021).

Namun dia memastikan untuk Smartfren tak akan membuat tarif yang mahal. Menurutnya akan disesuaikan dengan kantong para konsumennya.


Nantinya akan disesuaikan kebutuhan konsumen dengan pilihan paket entry, menengah dan tinggi. Hal yang sama juga sudah diterapkan Smartfren saat ini.

"Yang penting bisnis bisa jalan terus dan konsumen bisa menikmati dengan harga terjangkau. Prinsip kita seperti itu," kata dia.

Sukaca juga menjelaskan jika 5G nanti akan hadir dengan kecepatan lua biasa. Berbeda dengan 4G dengan hitungan mbps nantinya jaringan baru mencapai gigabyte per second.

"Jadi cepat sekali, merupakan game change ke depannya," ungkapnya.

Dia mengatakan jika Smartfren menyiapkan use case untuk berbagai konsumen ritel, perorangan hingga korporasi. Salah satunya adalah otomasi manufaktur yang akan terbantu dengan jaringan 5G.

Sementara itu bisnis dan entertainment akan banyak kebutuhan nanti. Menurut Sukaca, keduanya akan digunakan untuk pengguna dengan penggunaan data yang tinggi.

"Kita siapkan package-nya, ketika ready jaringan pengguna sudah bisa menggunakannya," kata Sukaca.

Sedangkan menurut Country Director Qualcomm Indonesia Shannedy Ong, karakteristik 5G lainnya adalah low latency yang mencapai 1 ms berbeda dengan 4G dengan 30 sampai 40ms.

Dengan kemampuan itu, menurut Shannedy, 5G dapat mendukung aktivitas cloud gaming dan juga para pemain nantinya. "Banyak gamer melakukan cloud gaming atau multiplayer cloud gaming karena teknologi mendukung," ungkap Shennedy.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading