Cara Atasi Data Seluler Aktif Tapi HP Tidak Bisa Internetan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 November 2022 08:15
Little girl playing games or using app on tablet sitting on white coach in living room. Beautiful kid girl sitting on cozy white home sofa with blanket and looking at smartphone screen Foto: Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Mungkin Anda jadi salah satu orang yang mengalami masalah memiliki data seluler aktif tapi tak bisa internetan. Padahal sudah membeli paket data dan diaktifkan.

Ini jadi masalah karena Anda tak bisa menggunakan internet, termasuk menggunakan aplikasi dari media sosial atau game online. Tanpa internet penggunaan smartphone menjadi terbatas.

Ada beberapa penyebab hal ini bisa terjadi, berikut kemungkinannya:

  1. Terjadi error atau bug pada sistem di dalam ponsel
  2. Aktifnya pengaturan jaringan otomatis
  3. Terserang virus dan malware
  4. Sedang ada gangguan dari operator SIM
  5. Slot SIM Card bermasalah
  6. Ponsel pernah di root.

Selain 6 hal tadi, masih ada banyak faktor lain yang membuat smartphone bermasalah.

Solusi ponsel tak bisa internetan

Jika sudah mengetahui latar belakang masalahnya, berikut beberapa solusi yang mungkin bisa Anda coba jika tidak bisa internetan dari smartphone:

1. Aktifkan Mode Airplane

Anda bisa mengaktifkan mode airplane beberapa detik dan matikan kembali. Ini seperti melakukan refresh dan mencari koneksi terbaik.

Mungkin seperti sederhana, namun cara ini cukup ampuh mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan jaringan internet provider loh.

Perlu diketahui, bahwa cara ini juga berlaku untuk Anda yang mengalami data seluler aktif tetapi tidak bisa internetan dengan provider Indosat, Tri, Axis, atau operator lainnya.

2. Setting Ulang APN

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan reset atau setting ulang APN. Saat pengaturan diubah maka koneksi internet akan mengalami perubahan dari lebih stabil, cepat, atau bahkan bisa hilang.

Jadi Anda harus melakukan reset APN secara tepat agar jaringan internet di smartphone Anda bisa aktif kembali secara normal seperti biasanya.

Biasanya APN akan secara otomatis ter-settings saat pertama kali memasukkan kartu SIM ke dalam smartphone. Tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek kembali pengaturan APN pada smartphone Anda.

Jika Anda belum tahu, berikut ini cara mengganti pengaturan APN di smartphone:

  • Buka "pengaturan"
  • Cari menu "Kartu SIM & Jaringan Seluler"
  • Pilih opsi "Nama Titik Akses" (APN)
  • Jangan mengganti yang sudah ada, tetapi pilih "Buat APN Baru"
  • Terakhir, masukkan APN yang sesuai dengan kartu SIM yang digunakan.

3. Lepas Sementara Kartu SIM

Solusi berikutnya adalah melepas sementara kartu SIM yang Anda gunakan. Anda bisa mencobanya untuk melepas terlebih dahulu selama beberapa saat, setelah itu Anda pasang kembali di perangkat smartphone.

Biasanya setelah melakukan cara ini, maka data seluler pun sudah bisa kembali digunakan dengan normal tanpa ada gangguan seperti sebelumnya.

Jika Anda tahu bahwa semua kartu SIM yang digunakan mempunyai lempengan kuningan di salah satu bagian. Di mana lempengan kuningan inilah yang membuat kartu SIM Anda bisa digunakan untuk keperluan telepon, sms, dan internet.

SIM Anda bisa bermasalah jika terjadi gores, bahkan kotoran yang menempel pada kuningan juga bisa membuat kartu SIM Anda mengalami masalah. Salah satunya tidak bisa digunakan untuk memakai internet.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda melepas kartu SIM dari smartphone dan membersihkan lempengan kuningan yang ada di dalamnya. Setelah itu, pasang kembali kartu SIM dan aktifkan kembali data seluler seperti biasa.

4. Telepon Call Center Operator

Solusi selanjutnya yang dapat Anda gunakan ketika data seluler aktif tapi tak bisa internet yaitu dengan menelpon pihak call center operator yang digunakan.

Call center akan memberikan Anda beberapa solusi terkait masalah jaringan yang sedang Anda alami. Tapi pastikan juga kalau Anda memiliki pulsa yang cukup sebelum menelpon call center operator, karena pada umumnya panggilan ini akan dikenakan tarif berbayar.

5. Reboot Smartphone

Anda juga bisa untuk mencoba reboot smartphone Anda sambil tetap mengaktifkan mode Airplane. Setelah smartphone hidup kembali, kemudian Anda matikan mode Airplane tersebut.

Meskipun sederhana, tetapi cara memperbaiki jaringan internet di smartphone satu ini sudah banyak digunakan dan banyak yang terbukti berhasil.

Selain itu, cara ini juga biasanya sering digunakan untuk mengatasi koneksi internet yang lemot atau bahkan data seluler yang tidak bisa aktif sama sekali.

6. Mengalihkan Jaringan Secara Manual

Jika berbagai cara di atas masih tidak bisa membuat data seluler Anda digunakan untuk internet, Anda bisa mencoba untuk mengalihkan jaringan secara manual di smartphone Anda.

Misalnya, jika Anda sedang menggunakan jaringan 4G LTE only, Maka Anda bisa alihkan dulu ke jaringan 2G atau 3G untuk sementara waktu. Tunggu beberapa saat, lalu Anda ganti lagi ke jaringan 4G.

Di dalam beberapa kasus, cara ini terbukti untuk mengatasi masalah data seluler aktif tetapi tidak bisa internetan di berbagai operator dan merk smartphone. Kondisi ini juga cocok ketika di tempat Anda berada tidak ada layanan 4G oleh operator SIM yang digunakan.

Tidak jarang dengan menggunakan cara ini juga mampu untuk menjadi solusi dari cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul.

7. Cek Sisa Kuota Internet

Salah satu kemungkinan tidak bisa internetan adalah tidak ada kuota. Hal ini biasanya tidak disadari oleh pengguna smartphone.

Jadi coba cek kuota lebih dulu. Jika ternyata memang sudah habis, pastinya Anda harus membeli paket internet baru.

8. Membersihkan File Cache Pada Smartphone

Cara terakhir adalah dengan membersihkan file cache. Meskipun file cache terutama di Android sangat berguna karena bisa mempercepat sistem dalam mengambil data yang Anda perlukan, bukan berarti kalau file cache tersebut tidak bisa menimbulkan masalah.

Di beberapa kasus, file cache ini bisa menjadi penyebab munculnya banyak bug dan error pada sistem yang mengakibatkan smartphone tidak bisa digunakan untuk internetan.

Jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan mati
  • Tekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan
  • Anda akan masuk ke Recovery Mode
  • Tap opsi "Wipe Cache Partition"
  • Jika sudah selesai, tap lagi menu "Reboot System"
  • Dengan begitu, jika terjadi bug dan error karena file cache, maka dengan proses tadi seluruh masalah tersebut akan benar-benar teratasi.

Itu dia 8 cara yang dapat Anda lakukan jika data seluler aktif tapi tak bisa digunakan untuk internetan. Anda cukup memilih satu dari 8 cara tadi dan pilih yang paling berguna untuk smartphone Anda. Selamat mencoba.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Lagi Ini? Kanada Dilanda 'Kiamat' Internet, Warga Bingung


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading