Rahasia HP Tetap Awet dan Tahan Lama, Ga Harus Mahal

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
22 November 2022 08:50
Infografis: Ini Biang Kerok Baterai HP Cepat Habis, Cek Solusinya! Foto: Ilustrasi smartphone/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Handphone (HP) menjadi perangkat yang kini tak lepas dari genggaman. Namun kadang ketahanan baterai sering menjadi masalah sendiri. Agar ponsel yang digunakan dapat awet dan tahan lama seharian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

MX Product Marketing Senior Samsung Electronics Indonesia, Ricky Bunardi, mengatakan dulu smartphone harga murah sering dipandang sebelah mata karena dianggap cepat rusak dan sering lemot.

"Namun, saat ini ada beberapa tips yang bisa bikin smartphone kamu awet dan tahan lama. Saat ini juga banyak ponsel murah yang dibekali fitur dan teknologi kekinian seperti baterai besar," kata Ricky dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (22/11/2022)

Menurutnya, awet atau tidaknya smartphone tetap bergantung pada kebiasaan pengguna. Namun, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk merawat ponsel agar masa pakainya bisa lebih tahan lama.

1. Cas baterai dengan cermat

Batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja. Karena kalau jika menggunakan smartphone terus-menerus saat dicas, baterainya akan cepat bocor. HP kamu jadi tak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Selain itu, salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keawetan dan kualitas baterai smartphone adalah pakai charger orisinal.

Untuk memperpanjang usia baterai, perhatikan juga siklus pengisian dayanya. Ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%-85%, jadi tak perlu sampai 100%.

2. Gunakan layar smartphone dengan hati-hati

Buat yang hobi mabar atau scrolling sosmed, perhatikan bagaimana menggunakan layar smartphone-mu. Jangan menekan layar smartphone terlalu keras dan hindari scroll layar menggunakan kuku yang bisa bikin perangkat menjadi tidak awet.

Kamu juga harus secara berkala membersihkan layar smartphone-mu dengan kain lembut seperti kain microfiber seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Jangan gunakan tisu ataupun kain yang bertekstur karena bisa menggores layar smartphone. Supaya lebih bersih lagi, tuangkan cairan pembersih ke kain microfiber sebelum membersihkan layar.

3. Rutin melakukan pembaruan sistem operasi dan aplikasi

Untuk menjaga performa smartphone tetap maksimal dari tahun ke tahun, pastikan selalu update sistem operasinya. Dengan begitu, kinerja smartphone jadi lebih lancar, keamanan sistem jadi lebih terjaga.

Selain update sistem operasi, pengguna juga perlu update aplikasi yang digunakan supaya aplikasi-aplikasi tersebut bisa tetap berjalan optimal tanpa sering lag.

 


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading