Balas Dendam, China Tuding Covid-19 dari Lab Amerika Serikat

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2021 17:35
Xi Jinping (Presiden China)

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas China menuding virus corona berasal dari laboratorium tentara AS. Hal ini seperti membalas tudingan AS yang mengatakan Covid-19 dimulai dari laboratorium Wuhan.

Seorang penyiar di China menyatakan jika sedang terjadi hal mencurigakan di laboratorium Fort Detrick. Tempat itu terletak di Frederick Maryland, Amerika Serikat dan dikenal sebagai Institut Riset Medis Angkatan Darat AS untuk penyakit menular.

Berita tersebut menyatakan jika Fort Detrick sebagai tempat eksperimen paling gelap milik pemerintah AS. Laporan itu diklaim berasal dari berita politik Amerika namun media tersebut tak menyebutkan nya secara spesifik.


Tudingan datang tiga hari setelah adanya desakan pemerintah setempat untuk membuka laboratorium biologi tersebut. Saat itu otoritas China ingin mengundang WHO ke Fort Detrick dan melakukan penyelidikan asal-usul Covid-19 di AS, dikutip Daily Mail. Senin (25/1/2021).

Permintaan pembukaan itu data dari Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying. Tindakannya itu dikatakan mengatasnamakan kekhawatiran komunitas internasional.

"Saya menekankan jika Amerika Serikat menghormati fakta, harus membuka laboratorium biologis di Fort Detrick, berikan lebih banyak transparansi untuk masalah seperti 200 lebih laboratorium di luar negeri, undang ahli dari WHO untuk melakukan penyelidikan di AS dan merespon kekhawatiran komunitas internasional dengan aksi nyata,"kata Hua Chunying.

Tanggapan Hua Chunying ini berasal dari tudingan AS sebelumnya yang mengatakan jika Covid-19 Berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan China. Menurutnya teori tersebut membuat AS tidak memperdulikan pada keamanan dan hidup orang.

Selain itu dia menyebutkan jika China sangat koperatif dengan World Health Organization atau WHO. Lembaga kesehatan dunia diketahui akan melakukan penyelidikan asal muasal Covid-19 di Wuhan dan tim sudah dikirim ke negara tersebut.

Sebelumnya China juga melakukan penyebaran narasi mengenai penyebaran virus yakni penyebarannya melalui makanan beku impor.

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading