Balas Dendam, China Tuding Covid-19 dari Lab Amerika Serikat

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2021 17:35
Ski Alpine - Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 - Slalom Putri - Pusat Alpine Yongpyong - Pyeongchang, Korea Selatan - 14 Februari 2018 - Bendera gelombang A.S. mengepung bendera sebelum Run Slalom Putri 1. REUTERS / Mike Segar

Dalam laporan dari Departemen Luar Negeri AS berjudul Facvt Sheet: Activity at the Wuhan Institute of Virology mengungkapkan asal mula Covid-19 dari kota pertama virus merebak. Mereka menuding laboratorium sudah melakukan pengembangan virus sejak 2016 lalu dan eksperimen menggunakan virus corona kelelawar yang teridentifikasi Januari 2020, RaTG13.

Wuhan Institute of Virology atau WIV merupakan titik fokus penelitian virus corona internasional setelah wabah SARS menyebar tahun 2003. Di sanalah dilakukan penelitian untuk hewan termasuk tikus, kelelawar, dan trenggiling.

Menurut pemerintah AS, WIV tidak transparan soal penelitian virus mirip Covid-19 itu. Termasuk soal sampel RaTG13 yang dikatakan diambil dari sebuah gua di Provinsi Yunnan sekitar tiga tahun sebelum penelitian dimulai.


Pemerintah AS juga menuding WIV bekerja sama dengan militer China namun berkedok lembaga sipil. Negara itu juga mengklaim ikut dalam investasi laboratorium dan mengatakan harus mengetahui aktivitas selain lembaga sipil.

"AS dan donor lainnya yang berkolaborasi untuk penelitian sipil di WIV memiliki hak dan obligasi untuk mengetahui dana penelitian dialihkan untuk proyek militer China," kata pemerintah AS.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading