Matikan Kamera Zoom Meeting Bisa Selamatkan Bumi, Kok Bisa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 January 2021 11:45
Rabbi Haim Ovadia leads a virtual morning minyan via electronic tablet as 32 people attending his Zoom meeting pray with him during a virtual morning minyan transmitted from Ovadia's home in Potomac Md., Monday, April 6, 2020. Ovadia started the virtual morning minyan, daily prayers that typically require the physical presence of ten adult Jews in the same room, after coronavirus concerns closed many synagogues. He also has an afternoon minyan and classes online.

Jakarta, CNBC Indonesia - Apakah kamu jadi tipe orang yang malu untuk membuka kamera saat Zoom Meeting? Tenang ternyata sifatmu bisa membantu menyelamatkan Bumi. Sebab menurut sebuah penelitian, dengan mematikan panggilan video bisa mengurangi emisi gas.

Penelitian dari Universitas Yale, Purdue dan MIT menyebutkan langkah tersebut dapat mengurangi jejak karbon mencapai 96% dan emisi gas hingga 86%, dikutip IFL Science, Selasa (19/1/2021).

Para peneliti menyebutkan jika pandemi yang memaksa memindahkan aktivitas ke Online memang mengurangi emisi karbon dalam hal perjalanan. Namun ternyata penggunaan internet yang meningkat juga memiliki dampak lingkungan.


Sebagai informasi, sebelum sejumlah negara melakukan lockdown (penguncian wilayah) jejak karbon untuk internet sudah meningkat yakni sekitar 3,7% dari emisi gas rumah kaca. Sementara itu penggunaan listrik data Center adalah 1% dari penggunaan energi secara global.

Sedangkan sejak Maret tahun lalu, penggunaan internet di sejumlah negara meningkat mencapai 20%. Jika tren terus berlanjut, diasumsikan dapat mengisi 300 ribu kolam renang olimpiade, seluas lahan di Los Angeles dan membutuhkan 115.229 kilometer persegi hutan untuk melakukan penyerapan karbon.

Dalam laporannya, Zoom menduduki peringkat kedua yang mengeluarkan maksimal jejak karbon setelah Netflix. Selain dua layanan itu, ada Tiktok, WhatsApp dan Facebook yang juga mengeluarkan gas karbon tinggi dari penggunaannya.

Para peneliti pun punya cara ampuh untuk bisa menyelamatkan bumi dengan menyesuaikan penggunaan pada layanan-layanan tersebut.

Misalnya saat Zoom Meeting adalah dengan mematikan kamera. Laporan itu menyarankan jika 1 juta pengguna melakukan hal tersebut maka akan mengurangi 9,023 ton emisi karbon.

Sementara untuk para pengguna layanan streaming, dapat mengubah kualitas gambar. Tim peneliti menyebutkan 70 pengguna mengubah dari HD ke SD akan mengurangi 2,5 juta ton per bulannya.

"Aktivitas kecil seperti mematikan video saat virtual meeting, mengurangi kualitas gambar layanan streaming, menurunkan waktu bermain games, membatasi waktu media sosial, menghapus email, dan konten tidak penting di layanan cloud atau membatalkan langganan dari daftar email secara signifikan dapat mengurangi jejak karbon dari penggunaan internet," ujar tim peneliti.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading