Bukan Cuma dari China, RI Beli Vaksin dari AS Sampai Prancis!

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
15 January 2021 11:24
Julie Janke, a medical technologist at Principle Health Systems and SynerGene Laboratory, loads a sample for COVID-19 antibody testing Tuesday, April 28, 2020, in Houston. The company, which opened two new testing locations Tuesday, is now offering a new COVID-19 antibody test developed by Abbott Laboratories. (AP Photo/David J. Phillip)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, di Desember 2020 terjadi impor sebesar US$ 14,44 miliar. Impor ini naik 14% dibandingkan November 2020 dan turun 0,47% dibandingkan Desember 2019.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, peningkatan impor ini terjadi untuk semua penggunaan barang, mulai dari barang konsumsi hingga barang modal.

Salah satu komoditas yang juga di impor Indonesia pada Desember ini adalah vaksin. Vaksin diimpor oleh Indonesia bukan hanya dari China tapi banyak negara lainnya.


Lima negara utama yang menjadi tujuan Indonesia untuk mendapatkan vaksin adalah China, Hongkong, Amerika Serikat (AS), Belgia dan Perancis.

"Itu lima besar negara yang kita impor vaksin," ujarnya melalui konferensi pers virtual, Jumat (15/1/2021).

Namun, ia menekankan bahwa impor vaksin ini bukan hanya untuk vaksin Covid-19. Di mana Indonesia saat ini sudah memiliki 3 juta dosisĀ vaksin buatan Sinovac.

"Tapi ini gabungan, bukan hanya vaksin Covid saja," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading