Duh, Pria Ini Rugi Rp 3 T di Bitcoin Gegara Kesalahan Kecil

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 January 2021 10:28
Bitcoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Para trader dan investor Bitcoin lagi senang. Harga cryptocurrency atau mata uang digital paling populer ini lagi naik kencang menciptakan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Keuntungan pun melimpah. Orang menjadi jutawan dalam semalam bukan tidak mungkin.

Tetapi kondisi tidak dirasakan oleh investor Bitcoin Stefan Thomas. Pria berusia 33 tahun ini malah sedang meratapi nasib terancam tak bisa menikmati cuan melimpah Bitcoin gara-gara kesalahan kecil.

Kesalahan kecilnya adalah lupa password atau kata sandi! Akibat kesalahan ini Stefean Thomas kemungkinan bakal kehilangan US$220 juta atau setara Rp 3,1 triliun yang disimpan dalam bentuk Bitcoin.


Cerita seram ini dimulai saat Thomas gagal masuk ke hard drive IronKey, tempat dia menyimpan 7.002 Bitcoinnya. Masalahnya, Thomas sudah mencoba dua kali memasukkan password dan gagal, dikutip The Verge, Rabu (13/1/2021).

Dua kali kegagalan itu hampir membuatnya kehilangan uang bernilai Rp 3,1 Triliun itu karena protokol keamanan yang dibuat oleh IronKey.

Sebenarnya masih ada satu jalan untuk dia bisa mengambil uangnya itu. Caranya meminta orang ahli untuk memecahkan password hard drive, namun Thomas harus mengeluarkan uang dan waktu untuk melakukannya.

Kisah ini menunjukkan akan adanya risiko kerugian Bitcoin karena faktor non teknis. Perusahaan data cryptocurrency Chainalysis memperkirakan sekitar 20% dari total 18,5 juta Bitcoin atau setara US$140 miliar yang beredar telah hilang atau tidak bisa diakses oleh pemiliknya.

Mengutip Coindesk, hingga 13 Januari 2021 pukul 10.25 WIB, Bitcoin diperdagangkan diharga US$33.972 per koin. Harga tertinggi sepanjang masa Bitcoin mencapai US$41.962 per koin.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading