Tak Mau Ponsel Disadap & Diretas Hacker Jahat? Lakukan Ini!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 January 2021 15:55
Infografis/Awas Dibobol Hacker Jangan Pakai  10 Password Buruk Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas di dunia maya juga memunculkan kejahatan-kejahatan baru. Salah satunya aksi penyadapan terhadap perangkat pengguna.

Pengamat Keamanan Siber, Ruby Alamsyah membagikan tips untuk bisa terhindar menjadi korban penyadapan. Salah satunya adalah memastikan sistem operasi yang digunakan di perangkat merupakan OS terbaru.

Selain itu juga harus menginstall aplikasi keamanan di ponsel. Dengan begitu keamanan device akan sangat kuat. Berikut lima tips anti penyadapan yang dibagikan Ruby Alamsyah, Selasa (12/1/2021).


1. OS Perangkat Harus Paling Baru

Untuk menghindari penyadapan kamu harus memastikan sistem operasi atau operating system (OS) perangkat yang digunakan sudah paling baru atau sudah terupdate otomatis.

"Pastikan device baik handphone, tablet, laptop, PC itu menggunakan operating system terbaru, terupdate otomatis," kata Ruby.

2. Aplikasi Versi Terbaru

Selain OS, aplikasi yang digunakan juga harus kamu pastikan menggunakan versi terbaru. Ruby menyebutkan aplikasi-aplikasi itu harus diperbarui secara berkala.

"Seluruh aplikasi yang digunakan di device itu selalu harus auto update atau harus update berkala secara reguler," ungkapnya.

3. Jangan Install Aplikasi dari Toko Tidak Resmi

Masing-masing sistem operasi menyediakan toko aplikasi resminya. Di Android ada Play Store sementara iOS memiliki Apps Store.

Ruby mengingatkan untuk pengguna jangan menginstall aplikasi dari tempat yang tidak resmi. Resiko perilaku ini adalah ancaman menjadi korban penyadapan atau perangkat bisa diakses secara ilegal.

"Karena otomatis handphone terkena spyware atau malware bila kita menginstall aplikasi dari tempat ilegal," jelas Ruby.

4. Install Aplikasi Keamanan

Untuk melindungi dari penyadapan, Ruby menyarankan untuk menginstall aplikasi keamanan terbaik. Misalnya aplikasi antivirus, anti spyware dan antimalware.

Dia juga menekankan aplikasi-aplikasi keamanan itu harus diperbarui juga. "Untuk memastikan handphone kita benar-benar kuat keamanannya," kata Ruby.

5. Tingkatkan Kesadaran Keamanan

Terakhir, Ruby mengingatkan untuk meningkatkan kesadaran keamanan teknologi. Misalnya dengan tidak membagikan data pribadi di tempat publik misalnya media sosial dan aplikasi messaging.

Selain itu juga harus menolak bila diminta untuk membagikan data pada sebuah link. "Harus think before click, penting. Menshare apapun mengklik apapun, memastikan lagi apakah ada resiko keamanan dibalik itu," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading