Milenial, Ini Sektor yang Diminati Investor Startup di 2021

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 January 2021 18:45
CEO Mandiri Capital, Eddi Danusaputro  dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu berencana mendirikan startup baiknya membaca prediksi dari CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro soal tren sektor yang diminati investor tahun ini.

Menurutnya tahun lalu investor memiliki minat di sektor financial technology, e-commerce, logistik, dan edutech dan sektor ini masih diminati tahun ini plus sektor baru, misalnya di bidang kesehatan dan asuransi.

"Ditambah health tech dan insuretech makin diminati karena pandemi ini membuat masyarakat aware pentingnya asuransi pentingnya kesehatan," kata Eddi, Rabu (5/1/2021).


Selain dua sektor itu, kemungkinan investor juga akan tertarik menggelontorkan uang di bidang agrikultur. Sebab saat ini memerlukan ketahanan pangan.

"Termasuk tidak hanya di hulu tapi di hilir delivery produk pertanian dan sebagainya," ujarnya.

Dia menuturkan jika pandemi memang mengubah bisnis model para perusahaan rintisan. Khususnya bagi startup dengan dana terbatas serta menawarkan layanan utama yang bertatap muka.

"Akan berdampak pada top line para startup. Startup harus berakrobat dan melakukan kegiatan yang kreatif dalam menghemat dana dan tidak bakar uang secara menghamburkan cash yang ada," ujar dia.

Sementara itu, Eddi menyebutkan di tahun 2020 aktivitas investasi memang sedikit menurun. Pada 2019 dari data yang didapatkannya, pendanaan masuk mencapai US$3 miliar sementara tahun lalu turun sekitar US$2 miliar.

Sementara itu transaksi pendanaan di tahun lalu sekitar 60 kali. Menurutnya pasar memang masih aktif namun ada penurunan.

"Kita lihat saja 2021 bagaimana ya appetite untuk venture capital dan investor lainnya mendanai startup terutama yang besar, ya ada beberapa transaksi besar yang akan terjadi di tahun ini," jelas Eddi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading