Harga Bitcoin Pecah Rekor Lagi, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 January 2021 16:49
A Bitcoin (virtual currency) coin is seen in an illustration picture taken at La Maison du Bitcoin in Paris, France, June 23, 2017. REUTERS/Benoit Tessier/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Bitcoin semakin menunjukkan taringnya. Harga cryptocurrency populer itu melonjak tajam mencetak harga tertinggi sepanjang sejarah.

Laporan Coin Metrics, pada pukul 2:11 EST atau 14:11 WIB hari ini, Bitcoin dijual dengan harga US$35 ribu atau Rp487,3 jutaan. Kenaikan ini terjadi selang beberapa hari saat Bitcoin merosot dihargai US$29.316.

Angka itu melonjak 300% dari nilai jual sekitar US$29 ribu pada tahun 2020, dikutip CNBC Internasional, Rabu (5/1/2021).


Namun angka US$35 ribu belum jadi akhir bagi Bitcoin dan kemungkinan akan bersaing dengan mata uang alternatif seperti emas. Laporan JP Morgan menyebutkan jika harga mata uang digital itu semakin meroket di masa depan.

Menurut JP Morgan, Bitcoin akan ada di level US$146 ribu atau Rp2 miliar. Alasannya karena Bitcoin akan bersaing dengan emas sebagai mata uang alternatif nantinya.

Sementara itu, pendiri Skybridge Capital, Anthony Scaramucci cukup percaya diri mengklaim Bitcoin bisa menggantikan emas. Kontrol partai demokrat terhadap kongres juga semakin memperkuat cryptocurrency di Amerika Serikat.

Sebelumnya pemimpin PWC, Henri Arslanian menyebutkan kejayaan bitcoin didukung investor dari sektor institusional yang banyak masuk ke pasar.

Namun untuk mencapai level emas, Bitcoin perlu kerja keras lebih. Para ahli strategis di JP Morgan menyebutkan Bitcoin perlu jadi stabil untuk menyamai emas dalam nilai pasar.

Prediksi ini nampaknya mengikuti komentar sang CEO di masa lalu, Jamie Dimon. Dia pernah mengungkap jika cryptocurency merupakan penipuan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading