Penanganan Covid-19

Target Vaksinasi Jokowi: Kurang dari Setahun Harus Selesai!

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
05 January 2021 14:47
Infografis: RI Bakal Punya Tol 18X Panjang Pulau Jawa

Jakarta, CNBC Indonesia - PresidenĀ Joko Widodo (Jokowi) menargetkan vaksinasiĀ Covid-19 harus selesai dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Target itu jauh lebih cepat ketimbang proyeksi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yaitu 15 bulan.

Target itu dipaparkan Jokowi dalam acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Se-Indonesia, Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

"Kalau diseluruh dunia, perkiraan vaksinasi akan selesai 3,5 tahun. Tapi di negara kita Insya allah kemarin mendapatkan informasi dari pak menteri 15 bulan, masih saya tawar kurang dari setahun harus selesai," ujarnya.

"Kita memang harus kerja keras agar pandemi ini segera kita atasi dan kita pulih normal lagi. Saatnya kita normal seperti biasanya. Saya kira harapan kita semuanya itu," lanjut Jokowi.

Dalam kesempatan itu, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan kalau vaksin Covid-19 telah mulai dikirim ke-34 provinsi. Pada tahap pertama, baru dikirim 700 ribu dosis vaksin ke daerah-daerah.



"Tapi kita akan ada 3 juta dikirim ke daerah. Nanti akan dikirim lagi berikutnya, dikirim lagi berikutnya," kata Jokowi. "Insya Allah minggu depan juga akan datang lagi 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproduksi oleh Bio Farma juga langsung nanti jadi kirim ke daerah lagi," lanjutnya.

Jokowi menambahkan, target vaksinasi gelombang pertama adalah tenaga kesehatan, dokter, dan perawat yang ada di rumah sakit. Kemudian aparat keamanan TNI/Polri dan juga guru.

"Kita berharap dengan dimulainya vaksinasi ini, kita akan bisa menangani dan mengendalikan Covid-19, dan saya tetap titip pada kita semuanya untuk menyampaikan ke saudara dan tetangga kita, rekan-rekan kita, kawan-kawan kita," ujar Jokowi.

"Meskipun vaksinasi minggu depan sudah dimulai, saya minta untuk tetap kita waspada tidak lengah, disiplin terhadap protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, tidak ke tempat-tempat kerumunan, jaga kesehatan sampai nanti vaksinasi ini selesai," lanjut eks Wali Kota Solo itu.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading