Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 13 Januari 2021, Anda Siap?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 January 2021 14:26
Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Se-Indonesia, Istana Negara, 5 Januari 2021 (Tangakapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan vaksinasi Covid-19 akan dimulai pada Rabu pekan depan (31/1/2021). Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri kabinet Indonesia Maju akan jadi penerima vaksin pertama.

Hal ini diungkapkan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat Koordinasi Kesiapan Vaksin Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021).

"Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan di Jakarta oleh Bapak Presiden," kata Menkes Budi seperti dikutip dari siaran pers Pusat Penerangan Kemendagri.


Sebelumnya Jokowi juga sudah mengumumkan dirinya sebagai penerima pertama vaksin Covid-19. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman akan vaksin yang akan digunakan.

"Saya tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima pertama vaksin, pertama kali untuk berikan kepercayaan, keyakinan masyarakat bahwa vaksin aman digunakan," ujarnya dalam konferensi pers Desember 2020 ketika mengumumkan pengratisan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Untuk vaksinasi tahap awal, vaksin Covid-19 akan diberikan kepada tenaga medis sebagai garda depan melawan virus corona Covid-19. Totalnya ada 1,3 juta tenaga kesehatan yang akan disuntikkan.

Penyuntikkan akan dilakukan setelah Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau izin penggunaan lainnya untuk vaksin Covid-19. Hingga saat ini belum ada izin vaksin Covid-19 yang diterbitkan BPOM.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading