Ciri-ciri Corona yang Perlu Diketahui, Termasuk Demam & Batuk

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 January 2021 15:56
Infografis: Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona!

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu belum mengetahui, atau mungkin baru saja melakukan liburan Natal dan Tahun Baru perlu mengecek daftar gejala awal dari Covid-19. Sebagai cara menjaga jika memang terkena pandemi saat liburan lalu.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention atau CDC Amerika Serikat, gejala awal bisa muncul dalam rentang waktu dua hingga 14 hari setelah seseorang terpapar virus. CDC menyebutkan ada 11 gejala awal seseorang dengan Covid-19, dikutip dari laman resminya, Senin (4/1/2021).

Salah satu gejala awalnya adalah adanya demam atau kedinginan, serta juga batuk dan sakit kepala. Selain itu adapula sesak napas atau kesulitan bernapas.


Kelelahan juga jadi gejala awal Covid-19, termasuk juga adanya nyeri otot ataupun tubuh. Gejala yang juga kerap jadi perbincangan adalah pasien positif Covid-19 kehilangan kemampuan untuk merasa atau bau.

Sementara itu sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau meler, mual atau muntah serta diare juga disebutkan jadi gejala awal seseorang terkena Covid-19.

CDC juga tak menutup kemungkinan adanya gejala lain yang akan dirasakan pasien positif Covid-19. Lembaga itu menuturkan segera menginformasikan jika ada gejala baru lagi.

"Daftar baru ini tidak memasukkan semua gejala yang mungkin. CDC akan terus memperbarui daftar saat kami melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Covid-19," ungkapnya.

Dalam situs resmi organisasi kesehatan John Hopkins Medicine menyatakan jika gejala awal tidak semuanya sama pada setiap orang. Ada yang mengalami kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan atau demam.

Pihak John Hopkins menyebutkan jika Covid-19 bisa diawali dengan gejala ringan pada awalnya. Lalu menjadi lebih para dalam lima hingga tujuh hari, terparahnya dengan adanya batuk dan kesulitan bernapas, atau beberapa orang mengalami gejala pneumonia.

John Hopkins juga menyebutkan bisa saja seseorang terkena Covid-19 tanpa adanya gejala. Selain itu juga bisa tanpa salah satunya misalnya mengalami batuk tanpa demam.

"Ada beberapa orang yang terinfeksi tanpa adanya gejala atau merasakan sakit. Ini pula mengapa sangat penting untuk menggunakan masker dan melakukan physical distancing dan menjaga kebersihan tangan. Orang-orang bisa terkena Covid-19 dan tidak menyadarinya namun masih bisa menular kan pada orang lain," kata pihak John Hopkins.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading