Benarkah RI Mulai Vaksinasi Covid-19 Pada 14 Januari 2021?

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 January 2021 12:37
Inggris Siap Izinkan Vaksin Astrazeneca

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi memastikan bahwa vaksinasi atau penyuntikkan vaksin Covid-19 akan dilakukan setelah izin rekomendasi penggunaan darurat disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Tengah Januari paling lama sudah dapat izin, terkait tanggal akan disampaikan pastinya pada waktu yang kita bisa lihat," katanya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (4/1/2021).

Saat ini secara paralel, pemerintah tengah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi. Diantaranya memastikan rantai distribusi dan rantai dingin (cold chain) untuk penyimpanan dan saat pelaksanaan tetap terjamin. Sehingga vaksin dari gudang yang dikirim ke seluruh puskesmas bisa diterima.


"Kita sudah verifikasi, kajian di awal. Di provinsi dan kabupaten/kota juga kulkas penyimpanan sudah tersedia dan tak ganggu imunisasi rutin. Sudah dipastikan kesiapan," tegasnya.

Dia juga bicara mengenai keamanan, yang membuat bingung masyarakat lantaran distribusi sudah dilakukan, sementara izin BPOM belum di tangan. Menurutnya, pemerintah optimis terkait dengan keamanan vaksin, khususnya Sinovac yang dipastikan akan digunakan untuk tahap awal.

"Jadi kita optimis hasil awal yang sudah diinformasikan. Di Turki atau Brazil dan juga hasil di Universitas Padjadjaran. Tapi kita akan menunggu resmi data baik dari BPOM Turki, Brazil dan Sinovac sendiri," katanya.

Tak hanya itu, terkait dengan efikasi, menurutnya minimal sudah memenuhi apa yang menjadi syarat Badan Kesehatan dunia (WHO). Diantaranya juga tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Kita yakin mulai distribusi ke 34 provinsi. Mengingat beberapa daerah membutuhkan daerah lebih lama terutama vaksin bisa sampai di RS dan puskesmas di 12 ribu kecamatan di seluruh Indonesia," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading