Internasional

Waduh, 'Mutan' Baru Corona Ternyata Sudah Ada Sejak November

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
29 December 2020 06:22
Pandemi Covid-19 di China. (AP/Lee Jin-man)

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian baru dari virus corona (Covid-19) yang ditemukan di Inggris, kini disebut B1.1.7, ternyata sudah hadir sejak November. Mutasi yang disebut menyebar lebih cepat bahkan hingga 70% itu, sudah ada di Jerman sejak bulan lalu.

Dikutip dari Reuters, ini dimuat harian lokal setempat Die Welt, Senin (28/12/2020). Dokter mendeteksinya secara retrospektif dalam sampel seorang pasien tua yang kemudian meninggal.


"Para ahli di Hannover Medical School (MHH) mampu menentukan varian virus B1.1.7 dalam sampel pasien yang memiliki prasyarat medis," kata surat kabar itu, mengutip kementerian kesehatan regional di negara bagian Lower Saxony.

Rumah sakit Berlin, tulis laporan itu, juga mengonfirmasi temuan awal ini.

Sementara itu, Jerman sendiri mengaku baru mendeteksi masuknya varian ini melalui seorang warga yang terbang dari Inggris ke Frankfurt 20 Desember. Pelancong ingin mengunjungi kerabat dan dinyatakan positif pada saat kedatangan.

Orang tersebut dijemput dari bandara dengan mobil oleh anggota keluarga. Semua kontak erat telah diisolasi sejak saat itu.

Meski menyebar lebih cepat, belum ada bukti bahwa varian baru ini bisa menimbulkan gejala lebih parah. Namun jenis ini disebut membuat anak-anak menjadi kelompok rentan.

Akibat B1.1.7, banyak negara menutup pintu dari Inggris. Indonesia sendiri akan mulai memberlakukan larangan masuk bagi warga asing mulai 1 Januari 2021.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading