Disebut Hampir Penuh, Ini Kondisi Terkini Mesin Blokir HP BM

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 December 2020 13:54
Dirjen SDPPI Kominfo Ismail terkait IMEI dan handphone BM  (CNBC Indonesia/Yanurisa Ananta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Informatika Kementerian Kominfo, Ismail menyatakan jika penyelenggaraan aturan IMEI untuk memberantas ponsel black market (BM) sudah berjalan dengan baik.

Termasuk menyoal kapasitas mesin Centralized Equipment Identity Register (CEIR) yang beberapa waktu lalu dikabarkan bermasalah. Ismail menyatakan daya tampung CEIR diawal disiapkan sebanyak 1,2 miliar. Ini untuk menampung seluruh perangkat yang terkoneksi sebelumnya.

"Karena skema white list, tidak ada perangkat lama yang terblokir. Alhamdulilah sudah berjalan dengan baik," kata dia, Rabu (16/12/2020).


Dia menekankan kapasitas itu masih aman. Ismail menyatakan sudah diskusi dengan para pelaku agar space (ruang) pada CEIR itu bisa diperluas lagi. Menurut dia, itu hanya soal masalah sederhana karena hanya menambahkan kapasitas pada CEIR saja.

"Pelaksaaan sudah berjalan baik, tanda-tanda keberhasilan sudah berjalan. Jumlah produksi masing-masing brand sudah meningkat. Market yang diambil Black market sudah tergantikan yang legal," kata dia.

Namun menurutnya ke depan aturan IMEI ini selalu dikawal di masa mendatang. Paling dikhawatirkan adalah terdapat kendala di operator seluler.

"Jangan sampai masyarakat tidak lancar menggunakan perangkatnya. Tapi alhamdulilah sudah stabil," ucapnya.

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, menyatakan regulasi IMEI membantu mengedukasi konsumen untuk menggunakan produk resmi. Diakui olehnya juga mendapat dampak positif salah satunya menambah kapasitas produk karena meningkatnya permintaan.

Dia menyebutkan ke depannya, Vivo menargetkan bisa memproduksi satu juta unit perbulannya. Kebijakan ini akan dikejar tahun depan.

"Regulasi ini berdampak positif karena kita bisa tambah karyawan dari lokal dan juga pajak yang diberikan ke pemerintah untuk ekspansi bisnis sangat akan dikejar di tahun depan," kata Edy.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading