Mangkrak 6 Tahun, Rusia Sukses Uji Roket Antariksa Baru

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 December 2020 16:53
Seorang pengunjung melihat mock up peluncur roket buatan Rusia: Angara A5, kanan, dan Angara A7, kiri, di bandara Le Bourget, utara Paris, selama Paris Air Show ke-48, Rabu 17 Juni 2009. (AP Photo / Remy de la Mauviniere)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia pada Senin (14/12/2020) sukses melakukan uji peluncuran roket antariksa angkat berat bernama Angara 5 setelah 6 tahun absen dalam proyek yang digambarkan Presiden Vladimir Putin sebagai program yang memiliki signifikansi besar bagi keamanan nasional.

Kementerian pertahanan dan badan antariksa Roscosmos mengatakan peluncuran Senin, dari kosmodrom Plesetsk di barat laut negara itu, telah berhasil, seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/12/2020).

Uji coba pertama diluncurkan pada tahun 2014, Roket ini sedang dikembangkan untuk menggantikan Proton M sebagai roket angkat berat Rusia, yang mampu membawa muatan lebih dari 20 ton ke orbit.


Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, saat ia menyaksikan peluncuran pendorong roket Angara-A5 di Kosmodrom Plesetsk melalui tautan video langsung di Moskow, Rusia, Selasa, 23 Desember 2014. (AP Photo / RIA Novosti, Alexei Druzhinin, Layanan Pers Kepresidenan)Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, saat ia menyaksikan peluncuran pendorong roket Angara-A5 di Kosmodrom Plesetsk melalui tautan video langsung di Moskow, Rusia, Selasa, 23 Desember 2014. (AP Photo / RIA Novosti, Alexei Druzhinin, Layanan Pers Kepresidenan)

Namun Angara 5 telah menghadapi serangkaian penundaan dari sisi manufaktur dan masalah teknis, termasuk penemuan kerusakan pada mesinnya yang menurut para ilmuwan dapat menghancurkannya dalam penerbangan.

Roscosmos telah mengalami serangkaian kemunduran dan skandal korupsi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk selama pembangunan Vostochny Cosmodrome di timur jauh negara itu tempat kontraktor dituduh mencuri dana negara.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading