Bos Telkomsel Soal Investasi Startup & Digital Telco Company

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 December 2020 14:52
Setyanto Hantoro. Foto: Telkomsel

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel saat ini telah bertransformasi jadi perusahaan digital telekomunikasi bukan lagi hanya menjadi perusahaan telekomunikasi. Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro membocorkan cara pihaknya berubah menjadi perusahaan digital.

"Kami melihatnya saat satu perusahaan telko seperti kami masuk ke dunia digital, kita melihatnya dalam tiga step: digital connectivity yang kami provide (layanan akses data), di atasnya ada digital platform dan digital services. Inilah yang disediakan oleh pemain digital, OTT, dan startup," kata Setyanto, Kamis (10/12/2020).

Menyadari jika sebagai digital platform dan services bukanlah ahlinya, Setyanto mengatakan Telkomsel melakukan kerja sama dengan sebanyak mungkin partner termasuk sejumlah startup.


Kerja sama itu bentuknya dalam investasi yang disalurkan melalui perusahaan venture capital yakni MDI milik Telkom dan Telkomsel dengan TMI. Setyanto menyatakan jika keduanya melakukan investasi secara terstruktur yang merupakan bagian dari upaya untuk berubah jadi perusahaan digital telco.

Namun dirinya juga menegaskan investasi itu bukan menjadi financial, namun berpikir menjadi strategic investor.

"Misalnya invest di Privy ID, invest kita pastikan bahwa kita bisa melakukan sinergi value dengan para startup ini yang ujungnya tentu saja untuk kemudahan pelanggan kami.Manfaat bisnis yang kami rasakan yaitu akan meningkatkann core services kami di connectivity, di sisi lain membesarkan startup company ini sehingga investasi di startup juga menghasilkan capital gain yang cukup," ungkapnya.

Setyanto juga mengatakan jika ke depannya Telkomsel akan terus berinvestasi dalam digital services dan juga digital platform yang ada di Indonesia.

"Bentuknya seperti apa? kolaborasi bentuknya b2b, investment seperti Gojek dan Privy ID dan kebanyakan startup lain. Ini adalah dalam rangka mendorong adopsi digital di dlm kehidupan sehari-hari masyarakat secara lebih luas. Ini merupakan langkah strategis diharapkan bisa semakin besar kolaborasi yang kami lakukan dengan pemain digital," jelas dia.

Seperti diketahui bulan lalu Telkomsel mengumumkan telah berinvestasi di Gojek sebesar US$150 juta. Saat itu Setyanto mengatakan kerja sama bersama perusahaan ride hailing tersebut akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company dan juga memperkuat perusahaan membangun ekosistem digital.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading