Mau iPhone 12 Plus Charger dalam Box? Belinya di Sini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 December 2020 12:24
iPhone 12 mini (Dok. Apple via theverge)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple telah mengumumkan tidak akan menyertakan power adapter di kotak kemasan iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Namun kebijakan ini tampaknya tak berlaku di Brasil.

Mengutip 9to5mac.com, Jumat (4/12/2020), Brasil telah memaksa apple untuk memasukkan power adapter ke dalam kotak kemasan iPhone 12 Series. Hal yang sama sebelumnya juga terjadi di Perancis. Karena aturan setempat, boks iPhone terbaru tetap dilengkapi dengan earpod.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh Badan Proteksi Konsumen Publik Negara Bagian Sao Paulo atau Procon-SP. Pada Oktober lalu, Apple diminta klarifikasi dari lembaga tersebut soal menghapus power adapter dari boks iPhone.


Procon-SP meminta Apple untuk membuktikan jika hilangnya power adapter tidak akan meruhikan konsumen dan memang bermanfaat untuk lingkungan. Raksasa teknologi itu menyatakan jika sebagian besar pengguna sudah memiliki pengisi daya yang kompatibel dan keputusan itu memang akan mengurangi emisi karbon.

Sayangnya, argumen Apple tidak disetujui. Menurut Procon-SP, power adapter dianggap sebagai komponen penting untuk menggunakan produk, dan artinya menjual iPhone tanpa perangkat tersebut telah melanggar Kode Pertahanan Konsumen di Brazil.

Lembaga itu mengatakan jika klaim Apple belum memberikan bukti nyata. Perusahaan itu juga diminta segera menanggapi keputusan secepatnya jika tidak akan didenda di Brazil.

Walaupun keputusan ini hanya untuk Negara Bagian Sao Paulo, Sekretaris Konsumen Nasional Brazil juga sedang mempertimbangkan Apple melakukan hal yang sama untuk seluruh negara itu.

Sebelumnya, keputusan Apple menghilangkan earphone dan power adapter disebutkan saat meluncurkan iPhone 12 Oktober lalu. Saat ini boks iPhone terbaru hanya akan menyediakan kabel Lightning to USB-C saja.

Pihak Apple saat itu menyatakan keputusan tersebut untuk mengurangi biaya produksi serta juga mengurangi limbah. Saat itu perusahaan juga menyebutkan jika di dunia sudah ada 700 juta earphone. Sementara dua miliar charger telah beredar sekarang.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading