BLT Guru Honorer Belum Cair? Cek di info.gtk.kemdikbud.go.id

Tech - roy, CNBC Indonesia
01 December 2020 11:32
Guru Honorer, Cek Rekening Karena BLT Dari Mas Nadiem Cair

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang dalam tahap menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada guru honorer. Bila mendapatkannya bisa mengecek di situs info.gtk.kemdikbud.go.id.

BSU atau BLT ini berupa uang sejumlah Rp 1,8 juta yang disalurkan sebanyak satu kali kepada 2 juta tenaga pendidik honorer di Indonesia. Total anggaran untuk program ini adalah Rp 3,66 triliun.

Rinciannya, BLT akan diberikan kepada 162.277 dosen pada PTN dan PTS, 1.634.832 guru dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta, serta 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan tenaga administrasi.


Bagi merasa belum mendapatkan BLT bisa mengeceknya di situs info.gtk.kemdikbud.go.id. Di sana nanti diketahui apakah Anda terdaftar dan ke rekening bank mana subsidi gaji di transfer. Berikut cara mengaksesnya:

  • Login ke info.gtk.kemdikbud.go.id
  • Klik "login langsung ke GTK"
  • Masukkan account dan password PTK pada Dapodik
  • Setelahnya akan tertera nama bank penyalur yang juga menandakan Anda termasuk penerima subsidi upah.

Untuk dapat mencairkan subsidi upa di bank, penerima dapat menyiapkan dokumen dokumen dan dibawa kepada bank penyalur.

Dokumen yang harus dibawa yakni KTP, NPWP jika ada, surat keputusan penerima BSU yang dapat langsung diunduh dari laman GTK dan PD Dikti, surat pernyataan tanggungjawab mutlak atau SPTJM yang dapat diunduh juga dari pada website GTK dan PD Dikti. SPTJM ini harus dicetak dan ditandatangani dengan materai.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading