Tesla Recall 9.500 Mobil Listrik Model X dan Model Y, Kenapa?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 November 2020 13:41
FILE PHOTO: A Tesla Model X vehicle is charged by a supercharger outside a Tesla electric car dealership in Sydney, Australia, May 31, 2017.  REUTERS/Jason Reed/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Tesla memutuskan untuk menarik kembali (recall) 9.500 lebih mobil listrik Model X dan Model Y dari pasar karena adanya pontensi kerusakan atas dan baut yang tak bisa dikencangkan.

Tesla melakukan recall 9.136 mobil Model X yang diproduksi antara 17 September 2015 dan 31 Juli 2016. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan trip atas depan dan tulang belakang mungkin telah dapat terpisah pasa saat sedang dikendarai.

Tesla juga menarik 401 mobil Model Y karena ada masalah baut yang menghubungkan kendali atas depan dan buku jari kemudi. "Ini bisa menurunkan kemampuan pengemudi untuk menyetir dan meningkatkan risiko tabrakan," tulis NHTSA, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (26/11/2020).


Ini adalah kali kedua tahun Tesla melakukan recall mobil listriknya. Pada Oktober lalu, Tesla secara sukarela menarik kembali hampir 50.000 mobil Model S dan Model X di China karena suspensi yang rusak.

Awal bulan ini, Tesla memperluas garansi mencakup komputer utama yang rusak di beberapa Model S dan Model X yang menyebabkan pemadaman layar sentuh, dan masalah lainnya.

Consumer Reports dalam survei tahunannya soal keandalan otomatis yang dipublikasikan 19 November lalu mengatakan tidak lagi merekomendasikan Tesla Model S karena ada masalah dengan suspensi udara, komputer utama, dan kontrol sentuh.

Lembaga Itu juga menemukan masalah pada software dan cat bodi Model Y dan akhirnya memberi peringkat keandalan di bawah standar bagi tiga dari empat mobil produksi Tesla, termasuk Model S, Model X dan Model Y.


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading