Geser Bill Gates, Elon Musk Kini Orang Terkaya ke-2 di Dunia

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 November 2020 11:28
FILE PHOTO: Tesla Chief Executive Office Elon Musk speaks at his company's factory in Fremont, California, U.S., June 22, 2012.   REUTERS/Noah Berger/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membawa berkah bagi pendiri dan CEO Tesla Elon Musk. Kini ia menjadi orang terkaya kedua di dunia menggeser pendiri Microsoft Bill Gates dan menguntit Bos Amazon Jeff Bezos.

Kenaikan harta kekayaan Elon Musk didorong oleh melonjaknya harga saham Tesla. Pada penutupan bursa saham Amerika Serikat (AS) harta Elon Musk bertambah US$7,2 miliar menjadi US$127,9 miliar, menurut perhitungan Fortune, seperti dikutip Selasa (24/11/2020).

Sejak awal tahun harta Elon Musk telah bertambah US$100,3 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Kenaikan peringkatnya juga sangat pesat karena pada awal tahun ini Elon Musk masih berada di peringkat 35 daftar orang terkaya dunia.


Sekitar tiga perempat kekayaan Elon Musk berasal dari Tesla yang kini valuasinya menyentuh US$500 miliar. Elon Musk menguasai 20% saham perusahaan. Sisanya berasal dari startup pembuat roket luar angkasa Space Exploration Technologies atau SpaceX.

Harta kekayaan Bill Gates sebenarnya bisa di atas US$127,7 miliar jika saya dia tidak menyumbangkan sebagian hartanya untuk kegiatan amal. Diperkirakan Bill Gates telah menyumbangkan US$27 miliar hartanya untuk kegiatan amal sejak 2016.

Secara umum pandemi menjadi berkah bagi 500 orang terkaya di dunia karena telah membuat harta mereka secara kumulatif bertambah 23% sejak awal tahun atau sebesar US$1,3 triliun. Penambahan harta kekayaan ini terjadi ketika banyak kelas menengah dan bawah menghadapi pemutusan hubungan kerja (PHK).


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading