Luhut Bicara Vaksin Covid-19 Pfizer Hingga Johnson & Johnson

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
25 November 2020 13:23
Luhut Binsar Pandjaitan

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ditawari Amerika Serikat (AS) untuk produksi vaksin Covid-19 Pfizer dan Johnson & Johnson di Indonesia.

Hal ini disampaikannya dalam diskusi virtual bertajuk "Strategi Kebijakan Pemulihan Krisis Kesehatan dan Krisis Ekonomi Post Covid-19" bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), Rabu (25/11/2020).

"Saya berbicara dengan Wakil Presiden AS Mike Pence menyakit vaksin, Pak Honesti Basyir (direktur utama Bio Farma) juga sudah ikut video call dengan asisten Kementerian Kesehatan kita minta kerja sama. Mike Pence menawarkan untuk memproduksi Pfizer atau Johnson & Johnson [di Indonesia]," ujarnya.


"Tetapi saya kira Pak Honesti yang lebih tahu dan Pak Honesti punya tugas 10 hari ke depan untuk mencari kesepakatan dengan FDA (Food and Drug Administration) AS mengenai produksi vaksin. Jadi nanti ada 2 vaksin dari China dan AS atau mungkin tempat lain."

Luhut juga mengusulkan kepada AS bila ada industri farmasi yang tidak bisa untung di AS untuk relokasi pabrik ke Indonesia saja. Ini akan menjadi bagian dari diskusi dengan Duta Besar AS.

"Kami harap ada relokasi industri farmasi yang selama ini enggak banyak di Indonesia, akan bertambah. Jadi kita membangun keseimbangan hubungan dan hubungan dengan Washington sudah dijalankan 2 tahun," terang Luhut.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat menjalankan protokol kesehatan secara ketat, sambil menunggu vaksin Covid-19 tersedia. Ini akan menghindarkan masyarakat terinfeksi virus corona Covid-19.

"Vaksin yang terbaik sekarang adalah vaksin patuh kepada protokol kesehatan. #pakaimasker, #jagajarak dari kerumunan dan #cucitangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan disinfektan," pungkas Doni Monardo.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading