Vaksin Moderna & Pfizer Ampuh Lawan Covid-19, Harganya?

Tech - roy, CNBC Indonesia
19 November 2020 11:15
Infografis: Hampir 100 Ribu Kasus, Adakah Vaksin Obat Corona? Foto: Infografis/Hampir 100 Ribu Kasus, Adakah Vaksin Obat Corona?/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Data uji klinis tahap akhir menunjukkan vaksin Covid-19 buatan Moderna dan vaksin Pfizer efektif mengadang infeksi virus corona baru. Berapa harganya?

Berdasarkan data interim uji klinis vaksin Covid-19 Moderna, vaksin ini 94% efektif mencegah penularan virus Covid-19. Vaksin ini disuntikkan dua kali dengan jarak empat minggu.

Moderna mengatakan vaksin ini harus disimpan dalam ruang pendingin bersuhu 36-46 derajat Fahrenheit selama 30 hari. Bila disimpan di pendingin bersuhu minus 4 derajat Fahrenheit bisa bertahan selama 6 bulan.


Pada Agustus lalu, Moderna mengatakan akan mengenakan biaya US$32 hingga US$37 (Rp518 ribu) per dosis ke beberapa pelanggan. Saat ini perusahaan sedang melakukan diskusi untuk memproduksi vaksin dalam jumlah besar dengan harga yang lebih rendah, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (19/11/2020).

Adapun vaksin Covid-19 buatan BioNTech bekerja sama dengan Pfizer menunjukkan vaksinnya efektif 95% untuk melawan vaksin Covid-19. Vaksin ini disuntikkan dua kali dengan jarak 21 hari.

Pfizer mengatakan vaksin ini harus disimpan dalam ruang penyimpanan bersuhu minus 94 derajat Fahrenheit dan membutuhkan peralatan penyimpanan khusus dan transportasi. Ini mungkin akan menyulitkan beberapa negara untuk distribusinya.

Vaksin ini juga hanya bisa bertahan 5 hari. Pfizer mengungkapkan vaksin ini akan dijual US$20 (Rp 280 ribu) per dosis, lebih rendah dari harga vaksin Moderna. Besok Pfizer berencana mengajukan izin penggunaan darurat ke Food and Drug Administration (FDA).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading