Bos Toyota Komentari Tesla, Ibaratkan seperti Restoran

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 November 2020 11:22
FILE PHOTO: A Tesla Model X vehicle is charged by a supercharger outside a Tesla electric car dealership in Sydney, Australia, May 31, 2017.  REUTERS/Jason Reed/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam analis meeting kinerja keuangan, para eksekutif menjawab pertanyaan soal bagaimana rencana mereka bersaing di industri mobil listrik dan mengungkap persamaan Tesla dengan restoran yang masih mempromosikan resepnya.

Presiden Toyota Akio Toyoda mengakui valuasi produsen mobil listrik Tesla sangat tinggi, mencapai US$400 miliar. Jika ketujuh produsen mobil Jepang digabungkan, masih belum bisa mengalahkan valuasi Tesla.

Namun Akio Toyoda membandingkan Tesla dan Toyota. Ia menyebut Tesla sebagai restoran yang masih mempromosikan resepnya, sementara Toyota ibarat restoran yang sudah melayani banyak pelanggan.


"Saya ragu untuk mengatakan ini, bisnis Tesla, jika Anda ingin menggunakan analogi, seperti dapur dan koki," ujar Akio Toyoda, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (9/11/2020).

"Mereka belum menciptakan bisnis sebenarnya di dunia nyata. Mereka mencoba berdagang resep. Koki mengatakan 'Resep kami akan menjadi standar dunia di masa depan!'."

"Di Toyota, kami memiliki dapur asli dan koki sungguhan, dan sudah membuat hidangan. Ada pelanggan, yang sangat pemilih tentang apa yang mereka suka makan, duduk di depan kami, dan sudah menyantap hidangan kami. "

Aiko Toyoda menerangkan perusahaannya telah membuat dan menjual beberapa variasi mobil yang jauh lebih tinggi daripada Tesla, ada 100 juta kendaraan Toyota yang sudah beredar di jalanan yang dimiliki oleh individu, armada, dan pelanggan lainnya.

Toyota berharap menjual sekitar 7,5 juta kendaraan selama tahun fiskal 2021, yang dimulai pada 1 April 2020. Tesla mengharapkan untuk menjual 500.000 kendaraan listrik pada tahun 2020.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading