China Tunda IPO Ant Group, Jack Ma Batal Dapat Cuan Rp 395 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 November 2020 10:21
Alibaba Group co-founder and Executive Chairman Jack Ma gestures during a seminar at the International Monetary Fund - World Bank Annual Meeting 2018 in Nusa Dua, Bali, Indonesia, October 12, 2018. REUTERS/Johannes P. Christo

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Shanghai memutuskan untuk menunda pencatat saham perdana (IPO) Ant Group, yang terafiliasi dengan Alibaba Group. Penundaan ini juga berdampak batalnya Jack Ma dapat cuan US$27 miliar atau setara Rp 395 triliun.

Mengutip Forbes, Rabu (4/11/2020) Jack Ma memiliki saham Ant Group sebesar 8,8%. JIka IPO terlaksana maka Jack Ma akan mendapatkan dana segar US$27 miliar. Harga perdana Ant di Hong Kong yakni 80 dolar Hong Kong atau US$ 10,32/saham, sementara di Shanghai yakni 68,8 yuan atau US$ 10,26/saham.

Jika Ant Group melantai di bursa atau IPO, total harta kekayaan Jack Ma akan meningkat menjadi US$68 miliar, ia pun kembali menjadi orang terkaya di China dan orang terkaya di dunia urutan ke-12 setelah pendiri Google Sergey Brin.


namun rencana IPO ini tertunda dan dana sebesar US$27 miliar tak jadi masuk kantong Jack Ma. Sebelumnya Ant Group berencana IPO pada 5 November 2020 dan menargetkan dana US$34,4 miliar dan nilai kapitalisasi pasar US$310 miliar.

Bursa Saham Shanghai sendiri menunda IPO Ant Group dengan alasan raksasa fintech China ini kemungkinan gagal memenuhi persyaratan pencatatan pada pengungkapan informasi

"Ant Group baru-baru ini melaporkan kepada regulator bursa saham China tentang perubahan signifikan dalam lingkungan regulasi. Perkembangan besar ini mungkin membuat Ant Group gagal memenuhi persyaratan pencatatan pada pengungkapan informasi,", kata bursa Shanghai dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading