Joke Sri Mulyani: Covid-19 Powerfull, Paksa Semua Orang!

Tech - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
14 October 2020 14:01
Menteri Keuangan Sri Mulyani  (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pandemi Covid-19 menuntut semua negara di dunia melakukan perubahan tak terkecuali Indonesia. Perubahan ini terutama dalam bidang transformasi digital.

Oleh karenanya, saat ini muncul peribahasa yang mengatakan bahwa yang mengubah suatu perusahaan bukan lagi pimpinannya nya melainkan Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Sri Mulyani saat memberikan sambutan dalam wisudawan PKN STAN secara virtual pada Rabu (14/10/2020).

"Ada sebuah joke atau lelucon yang menyampaikan siapa sih yang paling powerfull dan memimpin transformasi dari perusahaan anda untuk menjadi digital. Siapa sih yang memimpin digital di perusahaan anda, dikasih 3 jawaban CEO/pimpinan perusahaan, CAO/pemimpin informasi teknologi di perusahaan anda atau covid," kata dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani  (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)



"Jawabannya Covid-19," imbuhnya lagi, Rabu (14/10/2020).

Lanjutnya, hal tersebut memang muncul melalui lelucon tapi itu adalah fakta yang terjadi saat ini. Ia mencontohkan, Kementerian Keuangan meski menjadi institusi yang maju tapi saat ini menjadi lebih digitalisasi.

Hal ini terlihat dari cara kerja saat ini, di mana dokumen untuk bahan rapat hingga naskah dinas semuanya dalam bentuk digital. Ini tentu menghemat juga karena tidak perlu di print atau cetak dalam bentuk kertas.

"Bahkan kita sudah buat fleksibel working hour, namun itu masih dalam tahap permulaan dan percobaan. Tiba-tiba kita dihadapkan oleh Covid-19 yang memaksa kita untuk tidak masuk kantor, namun kita harus tetap bekerja, bahkan kita ditantang karena Covid-19 menimbulkan dampak luar biasa bagi bangsa, kemudian imbas ke keuangan negara luar biasa," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading