Berapa Biaya Swab Test Corona di Indonesia? Simak Yah!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 September 2020 12:32
A health worker takes a nasal swab sample to test for COVID-19 in Ahmedabad, India, Tuesday, Sept. 8, 2020. India's coronavirus cases are now the second-highest in the world and only behind the United States. (AP Photo/Ajit Solanki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona Covid-19 belum terkendali di Indonesia. Buktinya kasus terkonfirmasi positif terus bertambah setiap hari. Cara efektif untuk mengetahui seseorang terinfeksi atau tidak dengan swab test corona. Lantas berapa harganya?

Sayangnya, harga Test Swab di Indonesia relatif mahal. Di beberapa fasilitas kesehatan mengenakan biaya Rp 2,5 juta untuk test swab dengan hasil keluar dalam satu hari. Paling murah sekitar Rp 1,5 juta tetapi hasilnya diketahui dua hari kemudian.

Dihimpun dari aplikasi Halodoc, Rabu (30/9/2020), Salah satu yang memungut biaya Test Swab Rp 1,5 juta adalah Rumah Sakit Hermina dengan janji hasil keluar 2 hari.


Ada juga layanan Test Swab seharga Rp 3,5 juta di Rumah Sakit Mayapada Tangerang dengan hasil test keluar dalam 12 jam dan dikirim via email. Di Rumah Sakit Media Permata Hijau biaya Test Swab Rp 1,7 juta dan hasil test akan keluar dalam tiga hari.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk mengatur biaya Test Swab Corona di Indonesia. Namun hingga kini besarannya masih dalam kajian. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memberikan usulan agar harga tes swab virus corona dibuat bervariasi per spesimen.

Usulannya Rp 439 ribu per spesimen. Test Swab bersifat mandiri diusulkan Rp 797 ribu per spesimen.

"Usulan dari BPKP adalah Rp 797 ribu," kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dalam konferensi pers, Senin (28/9/2020).

Test Swab dilakukan dengan melakukan usapan pada bagian dalam hidung dan bagian belakang tenggorokan. Test ini tidak memiliki efek samping apapun pada tubuh.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading