Cara Cek Kuota Bantuan Belajar Online dari Mas Nadiem

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 September 2020 16:50
Belasan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar sistem online di ruang aula kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pelajar dan mahasiswa sudah bisa mulai mendapatkan kuota internet bantuan belajar online dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipimpin Nadiem Makarim. Lantas bagaimana mengecek kuota internet sudah masuk atau tidak?

Pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan kuota internet buat belajar online adalah mereka yang nomor ponselnya di daftarkan oleh sekolah tempat belajar kepada Kementerian Pendidikan.

Setelah operator seluler bekerja bersama Pusat Data dan Teknologi Informasi untuk mengecek apakah nomor-nomor ponsel tersebut statusnya aktif.


"Sebagai salah satu mekanisme untuk memastikan kebenaran data, pemimpin satuan pendidikan perlu menerbitkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas kebenaran data nomor ponsel yang terinput," Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im, seperti dikutip Rabu (23/9/2020).

Nah, bagi mereka yang mendapatkan kuota bantuan belajar ini akan mendapat SMS dari operator seluler yang menyatakan paket data internet sudah masuk. Bila belum berikut cara mengeceknya.

1. Telkomsel

Bagi pengguna produk Simpati, Kartu AS, Loop, dan By.U bisa mengecek kuota internet gratis belajar online ini melalui *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

2. Indosat

Bagi pengguna Indosat Ooredoo mengecek melalui 123*075# lalu pilih nomor satu atau melalui aplikasi myIM3.

3. Tri

Bagi pengguna Tri dapat mengecek melalui *123*10*3# atau aplikasi Bima+ yang informasinya akan muncul di kolom kuota aplikasi dan edukasi.

4. Xl dan Axis

Bagi pengguna Xl dan Axis bisa mengecek melalui *123# lalu pilih info atau melalui aplikasi myXL dan AxisNet.


Berdasarkan petunjuk teknis, peserta didi PAUD akan mendapatkan kuota internet 20 GB per bulan, peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA akan mendapat 35 GB, dan guru PAUD hingga SMA akan dapat 42 GB. Adapun dosen dan mahasiswa akan dapat kuota internet gratis 50 GB.

Kuota internet ini akan diberikan setiap bulan hingga Desember 2020. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama dan kedua memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Sedangkan bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat yang dikirim secara bersamaan di bulan November akan berlaku selama 75 hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Agar tak salah, berikut jadwal penyaluran kuota internet gratis untuk belajar online yang digagas Kemendikbud:


A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:

  • tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
  • tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.


B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:

  • tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
  • tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.


C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:

  • tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
  • tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading