Luhut: Januari 2021 Ada 100 Juta Orang RI Diinjeksi Vaksin

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 September 2020 20:25
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan pemerintah berharap vaksinasi akan dimulai Desember 2020. Sebelum hal ini, masyarakat diharapkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Luhut mengatakan pada Desember dan bulan berikutnya pemerintah akan memulai melakukan vaksinasi pada mereka yang diprioritaskan tenaga medis dan pendukungnya sebagai garda terdepan melawan Covid-19.

"Pemerintah sudah menyiapkan baik itu Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) atau Polri (Polisi Republik Indonesia). Kalau itu terjadi sampai Januari nanti hampir 100 juta yang diinjeksi, Saya kira mungkin akan mulai terkendali [Covid-19]," ujar Luhut di Jakarta, Jumat (18/9/2020).


Luhut menambahkan pemerintah akan mendapatkan 270 juta lebih dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi ke penduduk Indonesia. Oleh karena itu sebelum vaksinasi dilakukan masyarakat di minta untuk mengubah perilaku dan menjalankan protokol kesehatan.

"Kita melihat memang ada tren kenaikan [kasus positif Covid-19] di bulan September dibandingkan Agustus walaupun jumlah kesembuhan juga naik. Ini juga satu paradoks," jelasnya

"Tapi ini konteksnya begitu kita memulai membuka untuk ekonomi, karena tidak boleh membiarkan terlalu lama [ekonomi ditutup], dan membukanya [ekonomi] mulai makin besar, belum ada juga vaksin, kita tak disiplin, kelihatan itu kematian dan juga infeksi meningkat. Nah, sekarang kita ketatkan lagi."

Luhut menambahkan ini merupakan seni untuk memelihara keseimbangan antara penanganan Covid-19 dan ekonomi secara sekaligus juga menunggu masa kritikal ini hingga adanya vaksin dan obat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading