Apa Sih Senjata Ampuh Lawan Corona Selain Vaksin Covid-19?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 September 2020 06:54
Memakai Masker, Antisipasi Masuknya Virus Corona ke Indonesia. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seluruh dunia sedang menunggu vaksin Covid-19 untuk terbebas dari corona. Namun saat ini adalah senjata ampuh yang bisa melawan Covid-19 selain vaksin, yakni masker.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Centers of Disease and Prevention (CDC) Robert Redfield dalam rapat kerja dengan Parlemen AS, Rabu (16/9/2020) waktu setempat dan dilansir CNBC Indonesia dari The Washington Post, Jumat (18/9/2020).

Robert Redfield mengatakan pihaknya memiliki bukti ilmiah yang menunjukkan masker bekerja menangkal penyebaran virus corona dan masker merupakan pertahanan terbaik manusia saat ini.


"Saya mengatakan mungkin saat ini masker lebih terjamin untuk melindungi saya dari Covid-19 daripada saat saya mengambil vaksin Covid-19," ujarnya.

Robert Redfield menambahkan vaksin virus corona paling potensial, yang kemungkinan tersedia dalam jumlah terbatas pada akhir tahun ini, kemungkinan hanya memiliki imunogenisitas 70%. Imunogenisitas adalah kemampuan vaksin untuk membangun respons imun terhadap virus.

"Jika saya tidak mendapatkan respons imun, vaksin tidak akan melindungi saya. Tetapi masker melindungi saya," ujar Robert Fedfield.

Masker berfungsi untuk mencegah droplet yang keluar ketika seseorang bersin, batuk, atau berbicara. Virus corona menyebar melalui droplet dari seseorang yang terinfeksi virus ini.

Namun masker yang bisa melawan corona bukan sembarang masker. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) telah merilis jenis masker medis dan non medis yang bisa digunakan untuk menghambat penyebaran corona. Berikut jenisnya:

1. Masker N95

Ini adalah masker kelompok Filtering Facepiece Respirator (FFR) sekali pakai. Masker ini memiliki face seal fit yang ketat sehingga pengguna terhindar dari aerosol dan paparan cairan droplet. Masker ini direkemondasikan bagi tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien Covid-19.

2. Masker bedah 3 Ply

Masker ini memiliki tiga lapisan yang efektif menyaring droplet yang keluar dari pemakai ketika batuk, bersin atau berbicara. Masker ini disarankan bagi mereka yang mengalami gejala flu, batuk, atau bersin dan bagi tenaga medis.

3. Masker kain

Masker kain termasuk masker non-medis yang wajib digunakan untuk sehari-hari. Menurut WHO, idealnya masker kain terdiri dari tiga lapis. Yakni, lapisan paling dalam yang terbuat dari bahan hidrofilik (seperti katun atau campuran katun.

Lapisan tengah yang terbuat dari bahan hidrofobik dari bahan tanpa tenun sintesis seperti polipropina atau lapisan katun yang dapat meningkatkan filtrasi atau menahan droplet. Laporan terluar yang terbuat dari bahan hidrofobik seperti polipropilena, poliester, atau campuran keduanya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading