IMEI Tak Terdaftar di Database Kemenperin, Harus Lakukan Apa?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 September 2020 12:05
[THUMB] IMEI Foto: Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 15 September 2020 pukul 22.00 WIB aturan IMEI sudah berlaku penuh. Semua ponsel yang tak terdaftar di database Kemenperin akan diblokir.

Aturan IMEI berlaku penuh setelah Central Equipment Identity Register (CEIR) sebagai pusat pengolahan informasi IMEI yang digangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) resmi beroperasi.

"Semua perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam dan komputer tablet yang IMEI-nya tak terdaftar di sistem CEIR, tidak akanmendapatkan layanan jaringan perangkat telekomunikasi bergerak seluler," ujar pemerintah dalam keterangan pers bersama, Rabu (16/9/2020).


Bagi kamu yang ingin membeli ponsel baru, wajib hukumnya untuk memeriksa IMEI ponsel pada kemasan dan mengeceknya di situs imei.kemenperin.go.id. Selanjut melakukan uji coba perangkat yang akan dibeli dengan memasukkan SIM Card.

"Pastikan perangkat tersebut mendapat sinyal dari operator. Jika tidak mendapat sinyal, patut diwaspadai bahwa perangkat tersebut tidak terdaftar," ujar pemerintah.

"Untuk pembelian secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI perangkat sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga dapat digunakan. Pedagang offline maupun online bertanggungjawab terhadap HKT yang diperdagangkan."

Bagaimana jika ponsel yang kamu gunakan saat ini IMEI Tak Terdaftar di Database Kemenperin? Jangan khawatir ponsel yang kamu gunakan tidak akan diblokir. Sebab aturan IMEI tidak berlaku surut. Pemblokiran akan terjadi pada ponsel BM yang dibeli atau dihidupkan setelah CEIR beroperasi penuh.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading