Ahli Ini Sebut RI Bisa Menang Lawan Covid-19 Tanpa Vaksin

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 September 2020 12:27
Swedia Tanpa Lockdown, Warga Hidup Normal di Tengah Pandemi. AP/Adam Ihse

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengamat Epidemi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan Indonesia bisa menang lawan virus corona tanpa vaksin Covid-19. Caranya dengan menekan infeksi virus serendah-rendahnya.

Pandu Riono mengungkapkan ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pengawasan atau surveillance, melakukan testing sebanyak-banyaknya, pelacakan kasus, pembatasan gerak dan gerakan 3M. Menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

"Vaksin tu solusi jangka panjang. Tidak pernah jangka pendek. Jangan terjebak seolah-olah vaksin merupakan solusi jangka pendek, dalam sejarah tak pernah ada vaksin jangan pendek, itu jangka panjang," ujar Pandu Riono dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV, Senin (14/9/2020).


Pandu Riono menambahkan Indonesia akan lama menghadapi pandemi ini karena tidak serius menurunkan penularan. Kasus yang ada tidak direspons dengan cepat karena melalui birokrasi.

"Yang bisa Surveillance adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bukan Satgas, bukan Komite. Mereka yang sudah biasa [melakukannya]," tambah Pandu Riono.

"Kita kan modern, manajemen wabah harus modern. Jangan membuat komite, Satgas karena itu barrier (penghalang) terbesar, tak efektif. Kita sudah gagal 6 bulan, tak ada dampak. Kita butuh operasional cepat."

Pandu Riono mengungkapkan permasalahan Indonesia dan dunia saat ini bukan menghilangkan pandemi tetapi menekan sampai titik rendah. Bila tidak kasus Covid-19 akan bolak-balik saja.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading