Senjata Baru Xi Jinping Lawan AS & Hindari Blokir WeChat Cs

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 September 2020 16:33
Great Wall, China

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China meluncurkan inisiatif keamanan data global yang berisi uraian prinsip yang harus diikuti perusahaan di berbagai bidang, mulai dari informasi data pribadi pengguna hingga spionase.

Inisiatif yang diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Wang Yi di Beijing pada Selasa (8/9/2020) ini muncul saat Amerika Serikat menekan beberapa perusahaan teknologi asal China seperti TikTok dan WeChat, dan menghasut negara-negara di seluruh dunia untuk ikut memblokir mereka.

Lebih lanjut, inisiatif China memiliki delapan poin utama, termasuk tidak menggunakan teknologi untuk mengganggu infrastruktur penting negara lain atau mencuri data pengguna. Itu juga memastikan penyedia layanan tidak memasang 'pintu belakang' pada produk mereka agar mendapatkan data pengguna secara ilegal.


Wang Yi juga mengatakan inisiatif tersebut bertujuan untuk mengakhiri kegiatan yang "melanggar informasi pribadi", dan menentang penggunaan teknologi untuk melakukan pengawasan massal terhadap negara lain.

Infografis: Setelah TikTok Cs, India Kembali Blokir Aplikasi ChinaInfografis: Setelah TikTok Cs, India Kembali Blokir Aplikasi China (CNBC Indonesia/Arie Pratama)

Perusahaan juga harus menghormati hukum negara tuan rumah, dan berhenti memaksa perusahaan domestik untuk menyimpan data yang dihasilkan dari luar negeri di wilayah mereka sendiri, tambah inisiatif tersebut.

Setidaknya, banyak dari poin-poin dari inisiatif tersebut tampaknya menjawab beberapa tuduhan Washington selama ini.

Sebelumnya AS menuduh perusahaan teknologi China menimbulkan ancaman keamanan nasional dengan mengumpulkan data pengguna dan mengirimnya ke Beijing. Perusahaan yang dituduh, Huawei dan ByteDance membantah hal tersebut.

"Kami belum dan tidak akan meminta perusahaan China untuk mentransfer data di luar negeri kepada pemerintah yang melanggar hukum negara lain," kata Wang Yi, sebagaimana dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (8/9/2020).

Siapa pun yang menandatangani janji juga harus menghormati kedaulatan, yurisdiksi, dan tata kelola data negara lain dan menghindari meminta perusahaan atau individu yang berlokasi di negara lain untuk memberikan data tanpa izin.

Menentang Sikap Bullying AS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading