Cara RI Hancurkan Covid-19: Herd Immunity Lewat Vaksin!

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 September 2020 13:47
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia ternyata berniat membuat herd immunity sebagai senjata melawan corona. Caranya, dengan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada 70% penduduk Indonesia.


Herd immunity tercipta ketika sebagian besar anggota komunitas imun terhadap penyakit menular yang akan memberikan perlindungan secara tidak langsung kepada komunitas.

Menteri Riset dan dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan vaksin sangat penting untuk membentuk herd immunity karena dengan vaksin sebagian besar penduduk punya daya tahan terhadap Covid-19.

"Memang pentingnya herd immunity vaksin kita ingin memastikan kebanyakan penduduk punya daya tahan covid-19. Artinya menjadi pelindung dari orang yang belum punya imunitas terhadap covid."


"Artinya memberikan perlindungan dari orang yang belum punya imunitas terhadap Covid-19 di kelompok yang belum mendapatkan vaksinasi," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Bambang Brodjonegoro mengungkapkan untuk membentuk herd imunity ideal, minimal 70% penduduk harus punya imunitas Covid-19. Hal ini bisa terjadi dengan dua kondisi. Pertama, memperbaiki imunitas secara umum dari dalam dan natural. Kedua, memperbaiki imunitas melalui vaksinasi.

"Herd immunity tidak boleh dengan membiarkan orang terpapar Covid-19. Kenapa vaksin dibuat dan kenapa semua berlomba, itu tadi karena orang tak bisa dibiarkan dengan risiko tinggi terpapar Covid-19," jelas Bambang Brodjonegoro.

Kemenristek menghitung Indonesia butuh vaksinasi 176 juta penduduk, jika satu orang butuh 2 kali suntik vaksin maka dibutuhkan 353 juta dosis vaksin.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading