Harga Vaksin Covid-19 US$30, Warga RI Bayar Berapa?

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
31 August 2020 19:57
Sinovac, Vaksin Covid-19 (Dok.Sinovac.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bio Farma (Persero) menyebutkan hingga saat ini belum dipastikan harga jual vaksin CoronaVac di Indonesia, kendati diperkirakan harga tertinggi yang mungkin akan dikenakan mencapai US$ 25-US$ 30/2 dosis. Namun demikian, perusahaan dan pemerintah akan mengusahakan harga terjangkau bagi masyarakat.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan presiden akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) khusus untuk vaksin ini. Diperkirakan penduduk kurang mampu akan mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah, sedangkan penduduk lainnya akan mengikuti program vaksin ini secara mandiri.

"Nanti akan ada Perpres vaksin hasil program ini. Kemungkinan ga akan semua dibiayai oleh pemerintah, masyarakat yang mampu akan lakukan vaksin secara mandiri," kata Honesti di Komisi IX DPR RI, Senin (31/8/2020).


Dia menyebutkan, harga vaksin ini tak jauh berbeda dengan vaksin lainnya yang ada di dunia. Seperti vaksin yang diproduksi oleh Moderna yang dibandrol dengan harga US$ 30-US$ 40/dua dosis lalu vaksin dari Johnson & Johnson senilai US$ 25-US$ 30/dua vaksin.

Namun demikian, kata Honesti, saat ini belum dipastikan skema pendanaan vaksinasi ini kedepannya. Perusahaan bersama dengan pemerintah masih terus melakukan pembahasan terkait dengan hal tersebut.

Pernyataan Honesti Basyir sejalan dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang sebelumnya menyatakan ada sebagian masyarakat mampu di Indonesia akan melakukan vaksinasi dengan dana sendiri. Sementara mereka yang ditanggung BPJS Kesehatan akan digratiskan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading