Saat Bos BCA Minta Izin ke OJK dan BI Buat Bikin e-Commerce

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
31 August 2020 13:28
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat berdiskusi dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2019. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja meminta restu kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) agar diizinkan untuk membentuk e-commerce demi mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan oleh Jahja Setiaatmadja ketika menjadi salah satu pembicara dalam acara kickoff Program Bank Indonesia dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Minggu (30/8/2020).

Jahja menambahkan UMKM Indonesia belum punya super app yang bisa menempatkan produk lokal. Sementara BI sudah menciptakan QRIS untuk sistem pembayaran yang membantu UMKM berkembang, yang kurang hanya tempatnya.


"Kalau pasar tradisional ada, kita butuh pasar platform, e-platform yang secara nasional atau industri dan kerja sama dengan daerah penting," ujarnya seperti dikutip Senin (31/8/2020).

Jahja menambahkan jika sudah ada platform e-commerce akan lebih mudah bagi bank melakukan analis transaksi keuangan. Jadi platform e-commerce ini bukan untuk menjadikan bank berjualan produk sektor riil.

"Bank memang tidak boleh jualan. Mohon BI berikan kesempatan bank menciptakan platform e-commerce, bukan untuk jualan, tetapi payment system. QRIS sudah adaptif, di samping payment debet lainnya," terang Jahja.

Jahja juga meminta agar jangkauan internet di Indonesia diperluas demi mendukung UMKM. Dia mencontohkan China memiliki 8 juta BTS untuk memperkuat sinyal smartphone, Indonesia baru 800 ribu BTS.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading