Erick Thohir Beberkan Alasan Berburu Vaksin Covid-19 ke China

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
31 August 2020 12:27
Infografis: Berikut Daftar Harga Vaksin Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan alasan pemerintah Indonesia berburu vaksin Covidd-19 hingga ke China.

Berbicara dalam sebuah diskusi, perjalanan memburu vaksin memang bukan kebetulan. Kala itu, Indonesia melalui perusahaan pelat merah memang tengah mengembangkan industri kesehatan.

"Kami kebetulan di BUMN pada akhir tahun kemarin sedang mengkonslidasi yang namanya industri daripada kesehatan yang ada di BUMN apakah yang namanya rumah sakit apakah yang juga industri obat-obatan," kata Erick, seperti dikutip melalui akun media sosialnya, Senin (31/8/2020).


Erick mengaku baru mengetahui bahwa Bio Farma kala itu menyatakan komitmennya untuk memproduksi vaksin dalam skala besar. Hal ini yang pada akhirnya membuat Indonesia bekerja sama dengan China untuk memproduksi vaksin Covid-19.

Infografis: Berikut Daftar Harga Vaksin Covid-19Infografis: Daftar Harga Vaksin Covid-19 (CNBC Indonesia/Arie Pratama)

"Kalau saya melihatnya gini. Indonesia negara yang terbuka, kita terbuka kerja sama dengan siapapun tetapi yang mesti dipastikan apa yang kita lakukan sekarang ini jangka pendek dan menegah," jelasnya.

Erick menegaskan perusahaan kerjasama Indonesia - China pun tak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, perusahaan tersebut telah berhasil melakukan uji coba vaksin hingga tahap tiga.

"Maka dari itu kita memang pasti nanti akan memprioritaskan yang di garda depan, saya yakin tenaga medis ada di situ," tegasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading