Trump Sebut AS Punya Vaksin Corona Akhir 2020, Caranya?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
30 August 2020 09:15
Rusia Anti-Biden, Iran, & China Kontra Terhadap Trump

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Donald Trump optimistis vaksin corona Covid-19 akan tersedia bagi warga Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun ini. Caranya, dengan mempercepat produksi pembuatan vaksin.

"Kami sedang mengumpulkan para ilmuwan jenius AS untuk memproduksi vaksin dalam waktu singkat," ujar Donald Trump seperti dilansir dari AFP, Minggu (30/8/2020). "Kami akan memiliki vaksin yang aman dan efektif tahun ini dan bersama kami akan menghancurkan corona."

Percepatan penemuan vaksin Covid-19 digagas oleh pemerintahan Trump melalui program Operation Warp Speed pada April lalu. Melalui program ini pemerintah AS menggelontorkan miliaran dolar untuk membiayai riset dan pemesanan vaksin Covid-19.


Terbaru, Trump sudah memesan 100 juta vaksin Moderna dan akan meningkat menjadi 400 juta dosis bila berhasil. Untuk pemesanan ini AS menghabiskan US$1,525 miliar. Pemesanan juga dilakukan untuk vaksin Johnson & Johnson, Pfizer, Novavax, AstraZeneca serta GlaxoSmithKline and Sanofi.

Namun tindakan untuk mempercepat penemuan vaksin Covid-19 mendapat peringatan keras dari ahli penyakit menular Anthony Fauci, yang menyatakan akan adanya bahaya bila menggunakan vaksin yang prematur ke masyarakat luas.

Anthony Fauci yang juga merupakan penasihat Gedung Putih mengatakan  jika penggunaanya berdampak buruk, maka itu akan berpotensi menyulitkan pengembangan vaksin yang tengah dilakukan sekarang.

"Satu hal yang Anda tidak ingin lihat dalam hal vaksin adalah mendapatkan otorisasi penggunaan secara darurat sebelum Anda mendapatkan sinyal kemanjuran," kata direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular itu, mengutip CNN.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading