Ini Daftar Negara yang Sudah Pesan Vaksin Covid-19 Moderna

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
27 August 2020 17:33
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 buatan Moderna belum mendapat restu sebagai senjata melawan corona. Namun sejumlah negara kaya atau negara maju sudah memesannya.

Kabar terbaru, Uni Eropa sedang bernegosiasi untuk memesan 80 juta dosis vaksin bila vaksin ini berhasil. Pesanan ini bisa bertambah 80 juta vaksin lagi.

Tidak disebutkan berapa nilai kesempatan ini. Namun ini menjadi jalan bagi 27 negara di benua Eropa untuk mengamankan pasokan vaksin Covid-19 ketika sudah tersedia, seperti dikutip dari Boston Business Journal, Kamis (27/8/2020).


Negara lainnya adalah Amerika Serikat. Negeri adikuasa ini sudah mencapai kesepakatan untuk membeli 500 juta dosis. Pada tahap awal Moderna akan memasok 100 juta dosis dengan nilai US$1,5 miliar.

Moderna juga dikabarkan sudah mencapai kesepakatan pemesanan dengan pemerintah Kanada dengan nilai yang tak diungkap.

Saat ini Moderna sedang berusaha meningkatkan kapasitas produksi dari 500 juta dosis per tahun menjadi 1 miliar dosis melalui pabrik perusahaan yang ada di AS dan Eropa.

Vaksin Covid-19 Moderna sedang menjalankan uji klinis fase 3 dengan melibatkan 30.000 relawan. Hasilnya uji klinis diharapkan selesai pada November 2020.

Pada uji klinis awal, vaksin Moderna berhasil menciptakan antibodi penawar pada remaja, orang dewasa, orang tua, dan lanjut usia (lansia). Vaksin Moderna bernama mRNA-1273.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading