Erick Thohir: Peserta BPJS Kesehatan Gratis Vaksin Corona

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 August 2020 14:14
INFOGRAFIS, Kandidat Vaksin yang akan Masuk RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menjabarkan soal rencana vaksinasi massal vaksin Covid-19. Ia menyebut sebagian peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan vaksin corona secara gratis.

Hal ini disampaikan Erick Thohir dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi 6 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Dalam pertemuan tersebut Erick mengusulkan dua skema vaksinasi massal yang akan dimulai pada awal 2021. Pertama diberikan secara gratis dan ada yang membayar secara mandiri.


"Jadi memang yang terdata di BPJS kesehatan itu gratis tetapi dengan tingkat daya beli berapa itu harus mandiri," ujar Erick Thohir.

Erick mengungkapkan pendanaan vaksin melalui APBN dengan menggunakan data BPJS Kesehatan. Jika penyaluran vaksin kepada masyarakat digratiskan semuanya, maka APBN akan jebol. Apalagi, Erick melanjutkan, selama ini defisit anggaran negara kita terus melebar.

"Dan kalau dilihat dari data-data ekonominya sendiri pemasukan kepada negara cukup rentan," tutur pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading