Erick: Game Changer Hari ini Adalah Vaksin Covid-19!

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 January 2021 18:15
INFOGRAFIS, Ini Syarat Dapat Vaksin Gratis dari Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengungkapkan kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19 membutuhkan game changer. Game changer itu adalah vaksin Covid-19. Mengapa demikian?

"Karena semua formula yang seluruh dunia lakukan tidak ada yang ada bilang 100% tepat. Semua mencari formula, apakah lockdown bukan lockdown, apakah terbuka, tertutup semua negara lakukan," ujar Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (20/1/2021).

"Dan kesimpulannya sampai hari ini sama, semua negara mengalami peningkatan, kita bisa lihat. China pun yang dibilang luar biasa kemarin terkena lagi di satu daerah. Nah jadi memang game changer hari ini ya vaksin," lanjutnya.

Perihal vaksin Covid-19, Erick memastikan pemerintah mengacu kepada standar WHO. Oleh karena itu, pemerintah menemui WHO di Swiss secara langsung beberapa waktu lalu.




"Kita menanyakan apa yang terbaik? WHO sampaikan 70% kalau bisa divaksin secepatnya karena dengan vaksin akan mengurangi penularan, tidak menyembuhkan. Vaksin itu menjaga kita yang tidak sakit supaya tidak tertular," kata Erick.

"Dan OTG, anak muda yang biasanya kuat menularkan, itu yang terjadi sekarang kenapa di rumah pun mulai terjangkit. Jadi vaksin jelas bukan obat. Vaksin adalah menjaga kita untuk tidak tertular dan tidak menularkan orang yang kita cintai. Ditanya apakah ada obatnya? Sampai hari ini tidak ada obat dari Covid-19. Kalau ada obat Covid-19 pasti sudah disampaikan WHO," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading