Produksi September, Vaksin Covid-19 Rusia Bernama 'Sputnik V'

Tech - Suhendra, CNBC Indonesia
11 August 2020 18:37
Russian President Vladimir Putin chairs a meeting of the Presidential Council for Strategic Development and National Projects in the Kremlin in Moscow, Russia, Wednesday, Dec. 25, 2019. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia mengumumkan dirinya sebagai negara pertama yang akan memproduksi vaksin untuk virus corona (Covid-19). Pemerintah pimpinan Vladimir Putin mengatakan, vaksin ini akan mulai diproduksi September.

Dilansir dari AFP, Selasa (11/8/2020), vaksin ini dijuluki dengan nama 'Sputnik V' seperti nama satelit Soviet.

Seperti diketahui, Rusia merupakan negara pertama yang mendaftarkan vaksin Covid-19. Banyak ilmuan yang skeptis terkait keputusan Rusia yang mendaftarkan vaksin itu sebelum menjalani uji klinis tahap III yang biasanya berlangsung berbulan-bulan dan melibatkan ribuan orang.

Kirill Dmitriev, Kepala dari Pendanaan Investasi Langsung Rusia, yang membiayai proyek vaksin ini, mengatakan uji coba tahap tiga vaksin ini akan dimulai Rabu besok.



Namun dia menargetkan vaksin ini akan mulai diproduksi secara industri mulai September, dan dia mengaku ada 20 negara yang sudah melakukan pemesanan awal vaksin, dengan jumlah miliaran dosis.

Secara terpisah, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menyatakan dirinya bersedia berpartisipasi dalam uji coba vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Rusia. Duterte menyambut tawaran pasokan dari Moskow yang diperkirakan tidak berbayar alias gratis.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading