Head to Head Lawan TikTok, Facebook Luncurkan Instagram Reels

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 August 2020 11:03
Facebook

Jakarta, CNBC Indonesia - Lama menjadi perbincangan, akhirnya Facebook mengumumkan fitur baru di Instagram bernama Reels. Fitur tersebut mirip aplikasi TikTok yang dapat berbagi video populer.

Pengguna bisa merekam video pendek dengan tampilan ponsel secara vertikal berdurasi 15 detik dengan audio. Lalu, pengguna bisa menggunakan special efek, filter dan soundtrack yang tersedia di music library.



Pengguna pun dapat membagikan Reel dengan followers di Instagram dengan bagian khusus yang disebut Reel in Explore. Ini mirip dengan Story, di mana postingan bisa menghilang setelah 24 jam.

Dikutip dari Politico, Reel telah diuji di Brasil sejak November. Di musim panas ini, Reels juga diuji di Prancis, Jerman dan India.

Sebelumnya Facebook memuat kloning TikTok dengan nama lain yakni Lasso di 2018. Tapi menutupnya di Juli lalu.

Peluncuran ini berbarengan dengan ancaman penutupan Presiden AS Donald Trump ke TikTok. Akibat ini, sebelumnya perusahaan China ByteDance yang menaungi Tiktok sempat menuding Facebook 'tukang tiru'.




Ditulis media tersebut, hal serupa pernah terjadi saat layanan Story di-launching dulu. Kala itu, fitur ini begitu mirip dengan yang dimiliki Snapchat.

Facebook juga disebut membayar influencer TikTok untuk bergabung ke Reels. Menanggapi ini, Facebook hanya mengatakan hanya menjangkau pembuat konten baru untuk mendapatkan 'bintang' di Instagram.

"Seperti produk sebelumnya, kami tetap berkomitmen untuk berinvestasi pada kreator-kreator dan mereka yang berpengalaman," kata perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading