Facebook Punya Kantor Baru di Dekat Penn Station, Tapi Sewa

Tech - Thea F Arbar, CNBC Indonesia
05 August 2020 16:32
FILE - In this Wednesday, March 21, 2018 file photo, the Facebook logo is seen on a smartphone in Ilsan, South Korea. Facebook has started testing a tool that lets users move their images more easily to other online services, as it faces pressure from regulators to loosen its grip on data. The social network said Monday, Dec. 2, 2019 the new tool will allow people to transfer their photos and videos to other platforms, starting with Google Photos. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook dikabarkan menyewa kantor utama di Gedung James A. Farley, yang terletak satu blok di selatan Penn Station di Kota Manhattan.

Menurut laporan The New York Times, Facebook menyewa kantor berukuran 67.8 meter persegi (730.000 kaki persegi).

Gedung James A. Farley sendiri kini merupakan pusat operasi Layanan Pos di New York. Bangunan ini telah lama menjadi pusat skema untuk memperbarui Penn Station, berbatasan dengan Eighth Avenue yang diyakini banyak perencana bisa menjadi pesaing baru Grand Central Station, setelah Stasiun Penn asli diruntuhkan beberapa dekade yang lalu.

Setelah beberapa dekade perdebatan, aula penumpang baru Amtrak dan Long Island Rail Road dan platform direncanakan untuk dibuka pada tahun 2021 mendatang.

Facebook bergabung dengan beberapa perusahaan teknologi lainnya di lingkungan tersebut. Sebelumnya ada kantor pusat Google di New York City berada di ujung jalan di Eighth Avenue di Chelsea.

Google melakukan transaksi besar-besaran saat membeli bekas gedung Port Authority di salah satu kesepakatan real estat terbesar dalam sejarah Kota New York pada tahun 2010.

Datadog, salah satu IPO berperforma terbaik di Kota New York, juga terletak di Eighth Avenue di gedung kantor pusat The New York Times. Sementara itu, Amazon memiliki kantor pusat hanya beberapa blok di sebelah timur.

Facebook sendiri mengatakan akan memungkinkan kerja jarak jauh dengan baik ke masa depan, dan juga akan membangun lebih banyak hub regional di kota-kota, seperti Dallas. Sebagaimana dilaporkan TechCrunch pada Mei lalu, "CEO Facebook memperkirakan bahwa selama dekade berikutnya, setengah dari perusahaan dapat bekerja sepenuhnya dari jarak jauh."

Rumor tentang Facebook menyewa gedung Farley telah berlangsung sejak tahun lalu, dan bahkan Apple diyakini mengincar lokasi untuk memperluas kehadiran Big Apple-nya.

Ruang kantor dengan ukuran seperti di gedung Farley saat ini sulit ditemukan, yang kemungkinan menyebabkan Facebook langsung menyewa sekarang alih-alih menunggu informasi lebih lanjut terkait efek jangka panjang Covid-19 di masa depan.

Meskipun demikian, perusahaan Facebook jelas akan membuat para pekerjanya memiliki banyak ruang untuk bekerja, mungkin dengan beberapa pengaturan kerja yang lebih fleksibel nantinya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook Pecat 52 Karyawan Akibat Mata-matai Pengguna


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading