Setelah Ledakan Hebat, #PrayForBeirut Menggema di Twitter

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
05 August 2020 19:05
Sebelum dan sesudah ledakan di Libanon. (AP/Hassan Ammar) Foto: Sebelum dan sesudah ledakan di Libanon. (AP/Hassan Ammar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tagar Pray For Lebanon menggema di Twitter pada Rabu (5/8/2020) di mana setidaknya ada lebih dari 700 ribu kicauan yang diunggah di jagat maya tersebut.

Penyebabnya tak lain adalah ledakan yang terjadi hari ini di Beirut, Lebanon. Ledakan yang disebabkan oleh amonium nitrat itu memakan korban jiwa dan korban luka-luka. Bahkan, kata amonium nitrat juga sempat bertengger di urutan paling atas alias trending topic di twitter.

Warga twitter ikut berduka pada kejadian ledakan ini dan mendoakan agar keadaan lekas pulih. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh warga twitter @mysandy94. Dia menuliskan #PrayForLebanon, Kalian kuat, sabar bantuan pasti datang.

Ucapan duka juga datang dari politisi @Hincapandjaitan. Dia menuliskan "Duka mendalam terhadap apa yang terjadi di Lebanon. Semoga segera pulih," katanya menuliskan kalimat tersebut bersamaan dengan video pendek dan tagar yang sama.

Duka juga disampaikan oleh artis dan penyanyi papan atas dunia. Salah satunya Sara Bareilles yang menuliskan "Oh my god Beirut. Thinking about all the people there. Heartbreaking. Just devastating (Ya Tuhanku Beirut, berpikir semua yang ada di sana, menyayat hati)," begitu dia menulis.

Sebagaimana diketahui, korban tewas akibat ledakan besar yang mengguncang Beirut makin bertambah. Data terbaru menyebut sudah 100 orang lebih meninggal akibat ledakan gudang amonium nitrat di pelabuhan ibu kota Lebanon itu.

"Lebih dari 4.000 orang terluka," ujar Palang Merah Lebanon sebagaimana ditulis AFP, Rabu (5/8/2020). "Tim kami masih melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di sekitar daerah itu."

Ledakan sebelumnya terjadi Selasa (4/8/2020) sore. Ledakan yang berlokasi di Beirut Tengah tersebut sangat besar dan menyebabkan gempa lokal dengan magnitudo 3,2.

Peristiwa itu memporak-porandakan sebagian besar kota. Saksi mata menyebut bangunan-bangunan bergetar, jendela-jendela pecah dan listrik pun putus di sejumlah distrik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Termasuk di Beirut, Ini Penyebab Amonium Nitrat Bisa Meledak


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading