Segini Lho Perkiraan Harga Vaksin Covid-19, Mahalkah?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 July 2020 17:05
INFOGRAFIS, Kandidat Vaksin yang akan Masuk RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dan dunia kini berlomba menemukan vaksinĀ corona secepat mungkin demi kembali hidup normal. Berapa perkiraan harga vaksin Covid-19?

Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan, pemerintah mencatat kebutuhan vaksin Covid-19 dalam negeri mencapai 350 juta dengan nilai budget sebesar Rp 25 triliun hingga Rp 30 triliun.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya dari berbagai pihak, termasuk PT Bio Farma Tbk., harga vaksin berkisar antara US$ 5 sampai US$ 10 per buah. Jika dikalikan dengan kebutuhan vaksin yang diproduksi maka angkanya bisa mencapai Rp 25 triliun sampai Rp 30 triliun.


"Di undang-undang dan di perpu sudah dinyatakan pemerintah akan menyiapkan budget (untuk vaksin)," ujarnya dalam diskusi bertajuk 'Vaksin Cina, Uji Klinis Bukan Kelinci Percobaan' yang digelar secara virtual, oleh Medcom.id, Minggu (26/7/2020).

Dany juga mengatakan dalam kerja sama uji coba vaksin corona Indonesia dengan China dinyatakan bahwa akan dilakukan transfer of technology dan transfer of knowledge. Indonesia juga memilih Sinovac dalam kerja sama ini karena memiliki reputasi baik dalam membuat vaksin hepatitis.

Informasi saja, Biofarma telah mendapatkan sekitar 2.400 vaksin Covid-19 dari Sinovac asal China. Vaksin tersebut akan diuji kepada lebih dari 1.600 orang di Bandung, Jawa Barat.

Infografis, Vaksin Covid-19 Mulai Diproduksi Januari-April 2021Foto: Infografis/Vaksin Corona Diproduksi Januari 2021/Edward Ricardo

Prediksi berbeda datang dari Amerika Serikat (AS). Dalam kontrak pemesanan vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan Pfizer Inc dan BioNTech Se, harga vaksin Covid-19 dipatok US$40 per orang.

Besaran ini tercermin dari kontrak pemesanan vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer Inc dan BioNTech Se oleh pemerintah AS. Nilai kontraknya US$ 2 miliar, yang bisa mengamankan vaksin untuk disuntikkan 50 juta orang.

"Harga rata-rata untuk vaksin flu adalah sekitar US$40," kata Peter Pitts, President Centre for Medicine in Public Interest, seperti dikutip dari Reuters. "Perbandingan [harga] ini terlihat cukup baik. Harga vaksin juga cukup wajar."

Pemerintah AS sepakat untuk membeli 100 juta dosis vaksin Pfizer/BioNTech. Para ahli memprediksi butuh dua dosis per orang yang disuntikkan ke tubuh manusia untuk menghasilkan antibodi virus corona.

Analis SVB Leerink Geoffrey Porges mengatakan dengan biaya vaksin US$40 per orang "produsen vaksin pasti akan mendapatkan keuntungan". Margin kotor diperkirakan di kisaran 60% hingga 80%. Margin kotor ini tidak termasuk biaya penelitian dan pengembangan (R&D).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading